Hoaks! Foto jenazah anggota FPI yang ditembak polisi

id antihoaks, habibi rizieq,fpi,laskar fpi meninggal,penembakan anggota fpi,hoaks FPI,hoax FPI,hoaks polisi,hoax polisi,hoaks jenazah,hoax jenazah

Hoaks! Foto jenazah anggota FPI yang ditembak polisi

Polisi melakukan pengawasan mobil ambulans jenazah berlogo Front Pembela Islam (FPI) di depan lobi IGD RS Polri, Kramat Jati, Jakarta Timur, Selasa (8/12/2020). Kendaran tersebut membawa jenazah salah satu pengawal Rizieq Shihab menuju kawasan Petamburan, Jakarta Pusat, usai proses otopsi oleh Tim Forensik. (ANTARA/Andi Firdaus)

Jakarta (ANTARA/JACX) - Foto-foto diklaim sebagai foto jenazah anggota Front Pembela Islam (FPI) yang ditembak aparat kepolisian beredar di dunia maya.

Salah satu situs Internet yang turut menyebarkan foto itu adalah situs democrazy.id.

Dalam salah satu konten situs itu, terdapat judul sebagai berikut: "EKSKLUSIF - Foto-foto Enam Jenazah Anggota FPI yang Ditembak Polisi Berlumuran Darah Wajah Penuh Luka Lebam".

Dalam konten tersebut, disebut ada enam foto jenazah yang terbaring di rumah sakit dengan kondisi penuh luka dan darah. 

Konten tersebut juga mencatut pernyataan Ketua Bantuan Hukum FPI Sugito Atmo Pawiro yang membenarkan foto itu merupakan foto enam aggota FPI. 

Namun, benarkah foto-foto tersebut adalah foto jenazah anggota FPI yang ditembak oleh Kepolisian RI?
 
Tangkapan layar situs yang memuat hoaks foto-foto jenazah anggota FPI yang ditembak polisi. (democrazy.id)


Penjelasan:

Konten yang semula berjudul  "EKSKLUSIF - Foto-foto Enam Jenazah Anggota FPI yang Ditembak Polisi, Berlumuran Darah, Wajah Penuh Luka Lebam" di situs democrazy.id telah diganti dengan judul "Beredar Foto-foto Hoaks Enam Jenazah Diduga Anggota FPI yang Ditembak Polisi, Berlumuran Darah, Wajah Penuh Luka Lebam".

Foto-foto yang ditampilkan itu bukan foto-foto anggota FPI, melainkan foto dua pelaku perampokan berjsenjata api di toko emas Cahaya Muri di Sungai Lilin Muba, Sumatera Selatan.

Foto serupa dapat dilihat di situs beritapagi.co.id dengan judul "Dua Perampok Toko Emas Cahay Muri Ditembak Mati, Satu Pelaku lainnya Dilumpuhkan". Berita itu terbit pada Sabtu (28 Maret 220).

Klaim :  Foto jenazah anggota FPI yang ditembak polisi. 
Rating : Disinformasi

Cek fakta: Gedung Kemensos terbakar setelah mensos jadi tersangka kasus korupsi? Cek faktanya!

Cek fakta: Cek Fakta: Kode batang vaksin COVID-19 akan dipasangkan di tubuh?

Cek fakta: Solo "lockdown" pada Desember 2020-Januari 2021? Ini faktanya

Pewarta : Tim JACX
Editor: Imam Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar