Pada Selasa (8/12)  terdapat penambahan 18 kasus baru terkonfirmasi positif sehingga jumlahnya naik menjadi 351 kasus
Rejang Lebong, Bengkulu (ANTARA) - Dinas Kesehatan Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu menyebutkan jumlah warga daerah itu yang terinfeksi COVID-19 pada Selasa (8/12) 2020 bertambah 18 orang sehingga jumlah totalnya naik menjadi 351 sebanyak kasus.

"Pada Selasa (8/12)  terdapat penambahan 18 kasus baru terkonfirmasi positif sehingga jumlahnya naik menjadi 351 kasus," kata Kepala Dinas Kesehatan Rejang Lebong Syamsir dalam keterangan di Rejang Lebong, Rabu.

Ia  menyatakan jumlah warga daerah itu yang dinyatakan terkonfirmasi positif COVID-19 tercatat sejak kasus pertama pada Juni lalu di mana dari jumlah itu sebanyak 288 kasus dinyatakan sudah sembuh, tujuh kasus meninggal dunia dan 56 kasus masih dalam pengawasan.

Dia menjelaskan sebanyak 18 kasus baru ini semua pasiennya tengah menjalani isolasi mandiri di rumah masing-masing dengan rincian enam orang dari Kecamatan Curup Tengah, tiga orang dari Kecamatan Curup Timur, satu orang dari Kecamatan Selupu Rejang.

Selanjutnya tiga orang berasal dari Kecamatan Curup Selatan, tiga orang dari Kecamatan Bermani Ulu Raya dan dua orang berasal dari Kecamatan Curup Utara.

Selain mencatat ada penambahan 18 kasus baru pihaknya, kata dia, juga mencatat ada penambahan pasien yang dinyatakan sembuh sebanyak empat orang yang semuanya berasal dari Kecamatan Curup Tengah yakni kasus 324, 325, 326 dan kasus 328.

Dia menambahkan, untuk data pelaku perjalanan dari sejumlah daerah zona merah ke wilayah itu tercatat 13.601 orang, suspek 239 kasus, suspek discarded (sembuh) 158 kasus, suspek diisolasi empat kasus, dan probable enam kasus.

Sedangkan untuk sampel tes usap yang telah diperiksa di laboratorium 1.852 sampel dengan hasil dinyatakan positif 360 kasus (sembilan sampel di antaranya titipan Kabupaten Kepahiang), serta 1.492 sampel dinyatakan negatif.

Masyarakat Rejang Lebong diingatkan  agar selalu mematuhi protokol kesehatan guna mencegah penyebaran virus mematikan ini dengan memakai masker ketika berada di luar rumah, mencuci tangan dengan sabun di bawah air mengalir, serta menjaga jarak, demikian Syamsir.

Baca juga: Kasus COVID-19 Rejang Lebong bertambah 10 orang

Baca juga: Total 302 warga Rejang Lebong terinfeksi COVID-19

Baca juga: Dinkes: Pasien dalam pengawasan tersisa 28 orang di Rejang Lebong

Baca juga: Kepala Bappeda Rejang Lebong positif covid, kantor ditutup sementara

Pewarta: Nur Muhamad
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2020