Pemenangnya adalah pemerintah Provinsi Jawa Timur. Selamat buat ibu gubernur, bu Khofifah
Jakarta (ANTARA) - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa memanfaatkan radio sebagai media penyampai kebijakan pemerintah daerah (Pemda) Provinsi Jawa Timur secara masif kepada masyarakat.

"Kami menyadari bahwa tidak mungkin kami menyampaikan pesan-pesan kepada masyarakat dengan penyebaran (diseminasi) secara masif kecuali kami menghadirkan radio-radio komunitas, radio-radio dan penyiaran daerah menjadi bagian pendekatan kami dalam pentahelix approach," kata Khofifah di Auditorium Perpustakaan Nasional Republik Indonesia, Jakarta, Kamis.

Khofifah mengaku gembira upaya Pemerintah Provinsi Jawa Timur tersebut mendapat Anugerah KPI 2020 dari Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) untuk kategori Pemerintah Daerah Peduli Penyiaran.

Sejak dulu, Khofifah sudah menyadari peran penting lembaga penyiaran daerah, khususnya radio dan televisi, yang begitu luar biasa menjangkau pemirsa mereka.

Baca juga: Wapres: KPI bertanggung jawab hadirkan siaran nyaman dan aman

Baca juga: Anugerah KPI 2020 picu semangat kreativitas penyiaran di tengah wabah


Sebab itu, Provinsi Jawa Timur yang ia pimpin pun berupaya menggunakan peran luar biasa itu untuk mensosialisasikan kebijakan pemerintah, terutama yang terkait dampak pandemik COVID-19, kepada masyarakat Jawa Timur.

"Peran media penyiaran luar biasa, untuk mensosialisasikan bahwa COVID-19 saat ini harus kita hadapi bersama dengan berbagai kehati-hatian dan protokol kesehatan yang utama," tutur Khofifah yang juga mantan Mensos.

Sebelumnya, Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika (Dirjen IKP Kominfo) RI Widodo Muktiyo menyampaikan Provinsi Jawa Timur sebagai pemenang Anugerah KPI 2020 untuk kategori Pemerintah Daerah Peduli Penyiaran.

"Pemenangnya adalah pemerintah Provinsi Jawa Timur. Selamat buat ibu gubernur, bu Khofifah," kata Widodo yang hadir secara daring dalam Anugerah KPI 2020 di Jakarta.

Penyerahan penghargaan berupa piala dan piagam kemenangan tersebut dilakukan oleh Ketua KPI Pusat Agung Suprio kepada Khofifah secara langsung di atas panggung.

Wakil Ketua KPI Pusat Mulyo Hadi Purnomo selaku penanggungjawab Anugerah KPI 2020 menjelaskan bahwa kepala daerah inspirasi penyiaran itu maksudnya adalah kepala daerah yang mampu memberikan kebijakan yang menginspirasi lembaga penyiaran, terutama lembaga penyiaran radio yang selama ini tersisihkan karena kehadiran televisi dan media baru.

"Ada sebuah inspirasi yang sangat bagus dari kepala daerah yang kemudian nanti pada hari ini juga sudah hadir, akan kami berikan penghargaan," ujar Mulyo saat konferensi pers sebelum acara di Jakarta.

Provinsi Jawa Timur merupakan daerah penerima Anugerah KPI 2020 pertama untuk kategori tersebut.

Selain itu, KPI juga memberikan penghargaan Kepala Daerah Inspirasi Penyiaran kepada Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman atas komitmennya dalam bidang keterbukaan informasi publik dengan menghadirkan program Wali Kota Menjawab dan Banda Aceh Traffic Update melalui radio.

Baca juga: Anugerah KPI 2020 beri penghargaan kepala daerah inspirasi penyiaran

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2020