Alonso bakal bernostalgia dengan mobil juara Renault R25 di Abu Dhabi

id formula1,formula one,fernando alonso,grand prix abu dhabi,renault

Alonso bakal bernostalgia dengan mobil juara Renault R25 di Abu Dhabi

Pebalap tim Renault Fernando Alonso berlatih dengan mobil Renault R25 di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia. (26/1/2005) (AFP PHOTO/Jose Jordan)

Jakarta (ANTARA) - Juara dunia Formula 1 dua kali Fernando Alonso akan mendemonstrasikan mobil Renault R25, yang membantunya merebut titel pada 2005, jelang Grand Prix Abu Dhabi untuk menandai kembalinya sang pebalap Spanyol ke F1.

Alonso akan mengendarai mobil R25 yang memiliki livery khas berwarna biru dan kuning pada Jumat, Sabtu dan Minggu di Sirkuit Yas Marina.

Mobil yang ditenagai mesin V10 itu membawa Alonso dan rekan satu timnya saat itu Giancarlo Fisichella meraih delapan kemenangan, tujuh pole position dan 18 podium pada 2005 untuk mempersembahkan titel konstruktor pertama bagi Renault dan gelar juara dunia pertama bagi Alonso.

Baca juga: Alonso diizinkan FIA ikuti sesi tes akhir musim F1 di Abu Dhabi

"Sangat emosional melihat R25 menderu lagi, dan semakin sempurna mendapati Fernando di balik kemudinya. Gabungan mobil dan pebalap itu adalah waktu klasik di F1 dan tetap menjadi salah satu capaian paling membanggakan Renault di motorsport," kata kepala tim Renault Cyril Abiteboul seperti dikutip laman resmi Formula 1.

"Di saat mobil itu merupakan simbol dari capaian masa lampau kami, Fernando merefleksikan ambisi kuat kami dalam mendorong lebih banyak kesuksesan dan menangkap kembali momen dan emosi yang luar biasa itu.

Penampilan Alonso akhir pekan nanti juga secara simbolis menandai era baru bagi tim Renault F1 yang akan berganti nama menjadi Alpine pada 2021.

"Tentunya, semua hasil sekarang akan berada di bawah nama Alpine tapi masa depan kami akan menjadi penghormatan atas waktu yang luar biasa ini dalam sejarah F1 Renault.

Baca juga: Fernando Alonso tes dua hari di Bahrain pekan depan
Baca juga: Uji mobil Renault di Barcelona, Alonso siap untuk awal baru di F1


Fasilitas Renault di Enstone dan Viry berkolaborasi dengan spesialis asal Jerman Rennwerk Company untuk membawa R25 mengaspal lagi.

Seharusnya mobil itu dipamerkan ketika Grand Prix Prancis namun pandemi COVID-19 memaksa rencana tersebut ditangguhkan.

Alonso kembali ke F1 setelah dua tahun jeda untuk membela Renault yang akan menggunakan salah satu brand mereka Alpine pada 2021.

Dia akan ambil bagian di sesi tes resmi di pengujung musim sebelum menjadi tandem Esteban Ocon, yang meraih podium perdananya di GP Sakhir pekan lalu.

Baca juga: Hamilton kembali membalap di Abu Dhabi menyusul hasil negatif COVID-19
Baca juga: Russell redam spekulasi kepindahan dini ke Mercedes
Baca juga: Statistik Grand Prix Formula 1 Abu Dhabi

Pewarta : Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Gilang Galiartha
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar