Langkah Feyenoord di Liga Europa terhenti di tangan Wolfsberger

id Feyenoord,Wolfsberger,Dinamo Zagreb,CSKA Moskow,liga europa

Langkah Feyenoord di Liga Europa terhenti di tangan Wolfsberger

Pemain Feyenoord Marcos Senesi (merah-putih) terlibat perebutan bola dengan pemain Wolfsberger Dejan Joveljic (biru) dalam laga pamungkas Grup K Liga Europa di Stadion Wortherse, Klagenfurt, Austria, Kamis (10/12/2020).(ANTARA/REUTERS/LEONHARD FOEGER)

Jakarta (ANTARA) - Langkah Feyenoord di Liga Europa harus terhenti di tangan Wolfsberger menyusul kekalahan 0-1 dari klub asal Austria itu dalam laga pemungkas Grup K yang berlangsung di Stadion Worthersee, Kamis waktu setempat (Jumat WIB).

Dengan kekalahan itu Feyenoord menempati posisi ketiga di tangga klasemen akhir Grup K dengan koleksi lima poin. Sementara Wolfsberger berbekal 10 poin dan berhak menemani Dinamo Zagreb ke babak 32 besar, demikian catatan resmi UEFA.

Tiket ke babak 32 besar tersebut juga menjadi yang pertama bagi Wolfsberger dalam keikutsertaan perdananya di liga kasta kedua benua Eropa tersebut.

Baca juga: Arsenal sapu bersih fase grup, Molde susul ke babak 32 besar

Wolfsberger yang butuh hanya hasil imbang bermain realistis dengan mempertebal lini pertahanan. Strategi itu terbukti jitu. 

Meski Feyenoord menguasai jalannya pertandingan, tetapi klub asal Belanda itu melepaskan hanya tiga tendangan mengarah ke gawang dari enam percobaan.

Sebaliknya, Wolfsberger lebih banyak menunggu di garis pertahanan sendiri untuk kemudian melakukan serangan balik cepat saat menguasai bola.

Peluang berbahaya baru tercipta saat laga memasuki menit ke-23. Gelandang Feyenoord Jens Toornstra yang mendapat celah kosong langsung melepaskan sepakan, namun sayang bola masih terlalu lemah sehingga bisa diamankan kiper tuan rumah.

Strategi bertahan yang diterapkan Wolfsberger ampuh untuk meredam serangan-serangan Feyenoord. Dua peluang dari Tyrell Malacia dan Steven Berghuis mental oleh barisan pertahanan tuan rumah.

Baca juga: Leicester dan Braga tutup fase grup dengan kemenangan identik 2-0

Saat laga memasuki setengah jam babak pertama, Wolfsberger memecah kebuntuan lewat aksi Dejan Joveljic. Menerima umpan silang Matthaus Taferner, Joveljic memenangi duel udara dan menyarangkan bola ke gawang Feyenoord.

Tim tamu memiliki peluang menyamakan kedudukan di penghujung babak kedua, andai saja sepakan Luis Sinistera menerima umpan sundulan Nicolai Jorgensen tidak terlalu lemah.

Hingga bubaran skor 1-0 untuk kemenangan Wolfsberger tetap bertahan hingga memastikan Feyenoord tersingkir.

Baca juga: Tottenham kudeta puncak klasemen Grup J setelah lumat Royal Antwerp

Sementara itu dalam pertandingan lain Dinamo Zagreb menyudahi perlawanan tim tamu CSKA Moskow 3-1. Laga itu juga tak berarti apa-apa bagi kedua tim.

Dinamo Zagreb sudah mengunci puncak klasemen sejak pekan kelima, sementara CSKA Moskow tersingkir di pekan yang sama.

Dinamo Zagreb kini mengoleksi 14 poin dari hasil empat menang dan dua imbang, sementara CSKA Moskow terdampar di dasar klasemen Grup K karena mengumpulkan hanya tiga poin dari tiga hasil imbang.

Baca juga: Leverkusen tutup penampilan fase grup dengan kemenangan atas Slavia
Baca juga: Rangers mantapkan posisi puncak Grup D setelah menangi laga pemungkas


 

Pewarta : Asep Firmansyah
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar