Arahan Ma'ruf Amin untuk Kementerian PAN-RB

id Ma’ruf Amin,Kementerian PAN-RB,Anugerah ASN 2020,Tjahjo Kumolo,Wakil Presiden RI

Arahan Ma'ruf Amin untuk Kementerian PAN-RB

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Tjahjo Kumolo. ANTARA/HO-Humas Kemenpan-RB.

Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) yang dipimpin Menteri Tjahjo Kumolo mendapat arahan dari Wakil Presiden Republik Indonesia Ma'ruf Amin untuk menggali standar kompetensi dan pelayanan publik dari praktik-praktik birokrasi yang terbaik.

Ma'ruf berharap jajaran Kementerian PAN-RB mampu menemukan standar kompetensi dan pelayanan yang bisa diaplikasikan secara regional maupun nasional melalui transfer pengetahuan dan berbagi pengalaman antar-birokrasi.

"Pusat-pusat keunggulan dan inovasi birokrasi harus terus dikembangkan untuk mewujudkan birokrasi kelas dunia," kata Wapres RI saat memberikan sambutan dalam puncak Anugerah ASN 2020 di Jakarta, Senin.

Untuk melaksanakan arahan itu, kata Tjahjo, Kementerian PAN-RB menyelenggarakan ajang Anugerah ASN 2020.

Baca juga: Pemerintah akan selektif dan hati-hati bentuk lembaga baru

Tjahjo menjelaskan tujuan utama Anugerah ASN 2020 itu adalah merangsang penciptaan inovasi dalam kinerja seluruh ASN.

Dengan penyelenggaraan Anugerah ASN secara rutin setiap tahun, Tjahjo optimistis ASN akan terdorong untuk makin profesional, makin menunjukkan talentanya, makin berani mengambil keputusan, dan berani membuat berbagai inovasi ke depan.

"Nantinya menjadi panutan masyarakat, yakni ASN itu mampu melayani serta menggerakkan dan mengorganisasi masyarakat di lingkungan dia berada," kata Tjahjo dalam pernyataannya kepada wartawan.

Ajang Anugerah ASN 2020 merupakan salah satu implementasi dalam strategi manajemen SDM ASN, yaitu adanya penilaian kinerja dan pemberian penghargaan (reward).

Hal itu turut mendukung salah satu dari lima program prioritas Presiden Joko Widodo dan Wapres Ma’ruf Amin untuk menuju Indonesia maju, yaitu pembangunan SDM unggul.

Kegiatan tersebut dilakukan dengan jumlah undangan dan peserta yang terbatas sesuai dengan protokol kesehatan pencegahan COVID-19.

Menteri PAN-RB menegaskan bahwa semua kandidat yang telah mengikuti seluruh rangkaian seleksi Anugerah ASN 2020 adalah yang terbaik.

Untuk itu, Tjahjo menyampaikan selamat bagi para penerima Piala Adhigana maupun kandidat yang telah masuk ke dalam Top 10 Anugerah ASN 2020.

Tjahjo berharap agar ASN terus berprestasi dari tahun ke tahun.

Baca juga: Menpan-RB: Tugas dan fungsi 10 lembaga diintegrasikan pada kementerian

"Selamat berprestasi buat ASN kita, selamat untuk ASN kita yang harus produktif, berani mengambil keputusan, melayani, menggerakkan dan mengorganisasi masyarakat, serta ASN yang tetap disiplin pada protokol kesehatan,” pungkas Tjahjo.

Penyerahan piala penghargaan, sertifikat, dan hadiah Anugerah ASN 2020 dilakukan oleh Tjahjo Kumolo, Sekretaris Kementerian PAN-RB Dwi Wahyu Atmaji, dan Plt. Deputi bidang SDM Aparatur Kementerian PAN-RB Teguh Widjinarko.

Penghargaan diberikan kepada ASN dengan nama-nama sebagai berikut:

Top 3 PNS Inspiratif
1. Arif Wibowo – Balai Riset Perikanan, Perairan Umum, dan Penyuluhan Perikanan Palembang
2. Dian Inggrawati Soebangil – Kementerian Sosial
3. Fathul Aminudin Aziz – Institut Agama Islam Negeri Purwokerto

Top 3 PPT Teladan
1. Charlie D. Heatubun – Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Provinsi Papua Barat
2. Diana Kusumastuti – Direktur Bina Penataan Bangunan, Direktorat Jenderal Cipta Karya, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat
3. Herman Suryatman – Sekretaris Daerah Kabupaten Sumedang

Top 3 The Future Leader
1. Ganjar Setya Pribadi – Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Bandung
2. Gilang Adi Nugroho – Kementerian Perdagangan
3. Muhammad Rifki Al Habib – Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Kementerian Keuangan

Pewarta : Abdu Faisal
Editor: D.Dj. Kliwantoro
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar