Intensitas latihan Timnas U-16 ditingkatkan jelang Piala Asia

id timnas u16,bima sakti,pssi,piala asia u16

Intensitas latihan Timnas U-16 ditingkatkan jelang Piala Asia

Foto arsip - Pelatih tim nasional U-16 Indonesia Bima Sakti memimpin latihan skuatnya di Dubai, Uni Emirat Arab pada 23 Oktober 2020. (ANTARA/HO/PSSI)

Jakarta (ANTARA) - Pelatih timnas U-16 Bima Sakti menyebut intensitas latihan skuadnya terus ditingkatkan seiring kian dekatnya Piala Asia U-16 yang digelar April 2020 di Bahrain.

"Waktu menuju turnamen semakin dekat, jadi kami harus meningkatkan lagi latihannya," kata Bima dalam laman resmi PSSI di Jakarta, Selasa.

Menurut Bima, dalam pemusatan latihan (TC) di Yogyakarta yang dimulai 6 Desember 2020, masih banyak kekurangan yang mesti terus dievaluasi dan diperbaiki, antara lain transisi, terutama dari menyerang ke bertahan, dan fisik. 

Sektor ini terlihat lemah saat timnas U-16 dua kali kalah melawan tuan rumah Uni Emirat Arab dalam laga uji coba akhir Oktober lalu.

"Kami terus memperbaiki transisi ini," tutur Bima.

Soal fisik, Bima mengharapkan atribut fisik pemainnya semakin membaik seiring berjalannya hari dan mereka terus ditempa di pusat kebugaran serta wajib melewati sejumlah tes fisik.

Baca juga: PSSI: TC timnas U-16 di Yogyakarta berjalan tanpa kendala

"Ada beberapa pemain yang fisiknya perlu ditingkatkan," kata Bima.

Dari sisi penguasaan bola, pelatih timnas pada Piala AFF 2018 itu mengaku cukup senang.

Para pemain menjaga jarak saat bertanding di lapangan yang penting agar tak banyak ruang yang bisa dimanfaatkan lawan.

"Dari segi penguasaan bola, mereka sudah mulai bagus. Saat bertahan juga sudah kelihatan, jarak antara pemain belakang, tengah dan depan semakin baik," kata Bima.

26 pemain mengikuti TC di Sleman, Yogyakarta, dari 6 sampai 23 Desember 2020 yang menjadi persiapan menuju Piala Asia U-16 yang diadakan pada 1-17 April 2021 di Bahrain.

Indonesia yang menjadi satu-satunya wakil ASEAN menempati Grup D bersama Jepang, Arab Saudi dan China.

Baca juga: Pelatih puas dengan perkembangan fisik timnas U-16

Pewarta : Michael Siahaan
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar