Serang (ANTARA) - Grup 1 Komando Pasukan Khusus (Kopassus) Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI AD) bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) menggelar kegiatan bhakti sosial donor darah dalam rangka memperingati Hari Juang Kartika tahun 2020 di Griya Sena Baladika Grup 1 Kopassus, di Serang, Rabu.

Kegiatan donor darah tersebut diikuti sebanyak 275 orang peserta yang terdiri dari prajurit TNI, anggota Persatuan Istri Tentara (Persit) dan Pegawai Negri Sipil (PNS) Grup 1 Kopassus TNI AD.

"Kegiatan donor darah ini dilakukan dalam rangka memperingati Hari Juang Kartika TNI AD Tahun 2020 yang dikemas dengan kegiatan sosial untuk tetap bisa membantu sesama di masa COVID-19," Kata Ketua Koordinator Donor Darah, Mayor Inf Bayu Oktaviano Sudibyo.

Ia mengatakan donor darah ini merupakan program dari wujud kepedulian terhadap sesama bagi prajurit dan PNS serta menjadi motivasi untuk melakukan hal yang sama di masa pandemi COVID-19.

Baca juga: Sejarah Palagan Ambarawa libatkan pemuda lawan kolonial Belanda

Baca juga: Kodim 1304/Gorontalo doa bersama Hari Juang Kartika


"Di masa pandemi ini, Grup 1 Kopassus ikut memberikan peran dalam menjaga kestabilan kesehatan khususnya di wilayah Banten," katanya.

Aksi sosial ini diselenggarakan secara serentak di dua wilayah diantaranya yaitu di Batalyon 14 Grup 1 Kopassus Bogor dan Rukan Griya Sena Baladika Grup 1 Kopassus Serang dengan menerapkan protokol kesehatan.

"Kegiatan ini tersebar menjadi 2 lokasi, yaitu di Batalyon 14 Grup 1 Kopassus di Bogor dan Rukan Griya Sena Baladika Grup 1 Kopassus. Kedua kegiatan dilaksanakan bersamaan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan selama kegiatan," kata Bayu.

Ia berharap dengan adanya kegiatan sosial tersebut dapat membatu untuk menambah ketersediaan stok darah di wilayah Provinsi Banten.

"Ke depan, Grup 1 Kopassus juga akan melaksanakan kegiatan sosial lainnya dengan terjun langsung ke wilayah daerah yang membutuhkan bantuan secara langsung," kata Bayu.*

Baca juga: Hari Juang Kartika refleksikan tugas prajurit

Baca juga: Peringatan Hari Juang Kartika diwarnai berbagai atraksi

Pewarta: Mulyana
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2020