Ternate (ANTARA) - Kepolisian Daerah (Polda) Maluku Utara (Malut) mengerahkan sebanyak 616 personel dalam rangka pengamanan pada perayaan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 melalui operasi kepolisian dengan sandi Lilin Kie-Raha 2020.

"Operasi selama 15 hari terhitung mulai 21 Desember 2020 hingga 4 Januari 2021 itu untuk memberi keamanan dan kenyamanan bagi warga selama Natal dan Tahun Baru (Nataru)," kata Kabidhumas Polda Malut AKBP Adip Rodjikan di Ternate, Rabu.

Baca juga: Ketua MPR dorong pemda bersiap hadapi perayaan Natal-Tahun Baru

Menurut dia, Polda Malut sudah melakukan sejumlah kegiatan di antaranya melaksanakan rapat koordinasi bersama dengan Korem 152/Babullah dan instansi atau pemangku kepentingan terkait melalui sarana "zoom meeting" yang dipimpin oleh Kapolda Malut.

Kabidhumas menjelaskan bahwa menjelang pengamanan Nataru, Polda Malut dan jajaran sudah menyiapkan sebanyak 61 pos, yang terdiri dari 37 pos pengamanan , 31 pos pelayanan, dan 1 pos terpadu yang tersebar di wilayah Malut serta menerjunkan 616 personel yang terdiri dari 146 personel Polda Malut dan 470 personel Polres jajaran.

Baca juga: Polda Kalimantan Barat kerahkan 1.237 personel jaga Natal-Tahun Baru

"Polda Malut selalu memberikan pengamanan yang maksimal, ini dilakukan dengan harapan dapat terjaminnya keamanan dan kenyamanan masyarakat dalam merayakan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 dan juga terwujudnya situasi kamtibmas yang aman, kondusif, dan terkendali baik sebelum maupun setelah Nataru," katanya.

Dalam operasi ini, menurut dia, Polda Malut mengedepankan kegiatan pencegahan dengan didukung deteksi dan penegakan hukum, serta dengan tetap mematuhi protokol kesehatan guna mencegah penyebaran COVID-19, sehingga masyarakat dapat merayakan Nataru dengan rasa aman dan nyaman.

Baca juga: Jelang Natal dan Tahun Baru, Ditlantas Polda Lampung tinjau jalan tol

"Saya mengimbau kepada masyarakat Malut bahwa menjelang Natal dan tahun baru nanti kita tidak perlu menyambutnya dengan eforia yang berlebihan seperti tahun-tahun sebelumnya dan hindari kegiatan yang menyebabkan kerumunan, mengingat tahun ini bertepatan dengan pandemi COVID-19. Untuk itu mari kita selalu terapkan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran COVID-19," ujarnya.

Pewarta: Abdul Fatah
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2020