Jakarta (ANTARA) - Asus memperkenalkan VivoBook 14 (A416), laptop yang ditujukan untuk semua kalangan, dengan desain all-round ringkas yang telah ditenagai oleh prosesor hingga 10th Gen Intel Core, GPU NVIDIA GeForce, serta hadir dengan Office Pre-Installed.

VivoBook 14 (A416) juga hadir dengan berbagai konfigurasi spesifikasi sehingga dapat disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya.

"Sebagai produsen laptop terdepan di Indonesia, Asus berkomitmen selalu menghadirkan perangkat dengan kualitas tinggi sehingga pengguna bisa mendapatkan pengalaman penggunaan terbaik," ujar Asus Regional Director Southeast Asia, Jimmy Lin, dalam keterangan tertulis, dikutip Kamis.

"VivoBook 14 (A416) merupakan salah satu bentuk komitmen kami dalam menghadirkan laptop berkualitas tinggi untuk semua kalangan. Didukung oleh berbagai teknologi serta fitur terkini, VivoBook 14 (A416) merupakan laptop yang selalu dapat diandalkan oleh siapapun, kapanpun dan di manapun," dia melanjutkan.

Baca juga: ASUS Indonesia fokus garap ponsel gaming premium

Baca juga: Asus hadirkan ZenBook terbaru, bawa desain ultra-tipis


Asus VivoBook 14 (A416) merupakan laptop yang dirancang sebagai perangkat andalan bagi semua kalangan. Selain memiliki fitur dan teknologi terkini, VivoBook 14 (A416) juga tampil dengan beragam konfigurasi spesifikasi sehingga dapat memenuhi kebutuhan berbagai kalangan penggunanya, mulai dari bekerja hingga bermain.

Dari segi desain, mengusung konsep mobilitas tinggi VivoBook 14 (A416) hadir dengan bodi yang ringkas dan ringan dengan bobot 1,6kg dan ketebalan 19,9mm. Memiliki lyar 14 inci, laptop tersebut dibekali teknologi NanoEdge Display yang memungkinkan bezel tipis dengan screen-to-body ratio hingga 82 persen.

Masih soal layar, VivoBook 14 (A416) juga memiliki resolusi hingga Full HD, yang sudah dilapisi dengan lapisan anti-silau (anti-glare) serta memiliki sudut pandang hingga 178 derajat.

Beralih ke bodi perangkat, berbagai bagian pada laptop ini, seperti pada chasis utama dan rangka layar, terbuat dari bahan logam untuk memperkuat keseluruhan konstruksi bodinya.

Asus juga menghadirkan perlindungan ekstra untuk HDD di VivoBook 14 (A416) bernama E-A-R HDD Protection. Perlindungan tersebut dapat menyerap getaran yang dihasilkan saat perangkat terguncang dan menyelamatkan HDD yang ada di dalamnya.

VivoBook 14 (A416) juga dibekali keyboard full-size yang telah dilengkapi backlit. Keyboard VivoBook 14 (A416) juga didesain secara ergonomis, setiap tombol keyboard-nya memiliki key travel sejauh 1,4mm untuk mengetik.

Selain keyboard, beberapa varian VivoBook 14 (A416) juga telah dilengkapi dengan keamanan biometrik melalui fingerprint sensor. Fitur yang biasanya terdapat di laptop kelas premium tersebut memungkinkan pengguna VivoBook 14 (A416) dapat masuk ke dalam sistem Windows 10 Home melalui Windows Hello, sehingga tidak perlu lagi mengetikkan password.
 
Asus VivoBook 14 (HO/Asus Indonesia)


Baca juga: Penjualan laptop ASUS berangsur pulih

Asus telah membekali VivoBook 14 (A416) dengan satu kamera depan. Pengguna VivoBook 14 (A416) juga tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk membeli software office karena laptop ini sudah dilengkapi denga Microsoft Office Pre-Installed.

Microsoft Office merupakan aplikasi office terbaik di dunia dan digunakan sebagai aplikasi standar dalam pengolahan data dan dokumen kantor oleh sebagian besar institusi di dunia.

Microsoft Office Home & Student 2019 terdiri dari tiga aplikasi utama yaitu Word, Excel, dan PowerPoint. Selain dilengkapi dengan fitur Office terkini, Microsoft Office Home & Student 2019 juga dapat terus di-update sehingga meminimalisir potensi ancaman celah keamanan dan malware. Microsoft Office Home & Student 2019 tersedia secara gratis atau tanpa biaya tambahan.

Selain itu, VivoBook 14 (A416) dibekali dengan serangkaian fitur konektivitas mulai dari port USB Type-C, USB Type-A, HDMI, serta combo audio jack untuk memenuhi kebutuhan konektivitas sehari-hari.

Sementara di sisi konektivitas nirkabel, VivoBook 14 (A416) dibekali dengan WiFi 5 (802.11ac) untuk terhubung dengan jaringan internet, serta Bluetooth 4.1 sehingga penggunanya dapat menghubungkan berbagai aksesori nirkabel.

Soal performa VivoBook 14 (A416) ditenagai prosesor hingga 10th Gen Intel Core. Varian tertingginya hadir dengan prosesor Intel Core i5-1035G1 yang memiliki konfigurasi 4 core dan 8 thread, serta boost clock hingga 3,6GHz.

Beberapa varian VivoBook 14 (A416) juga ditenagai oleh chip grafis NVIDIA GeForce MX330 untuk pengguna yang membutuhkan performa grafis ekstra. Kehadiran NVIDIA GeForce MX330 memungkinkan VivoBook 14 (A416) dapat menjalankan berbagai aplikasi yang membutuhkan performa grafis ekstra seperti aplikasi photo editing, video editing, hingga game kasual.

Agar dapat memenuhi kebutuhan semua kalangan, VivoBook 14 (A416) hadir dengan konfigurasi hardware yang beragam, termasuk pada jenis media penyimpanan data serta memori.

VivoBook 14 (A416) telah menggunakan memori DDR4 yang merupakan standar laptop modern dengan kapasitas yang dapat di-upgrade hingga 12GB.

Sementara untuk penyimpanannya, laptop ini mengandalkan dua jenis penyimpanan yaitu 2.5” SATA dan M.2 PCIe. Tergantung konfigurasinya, Anda dapat menyematkan SSD dan HDD ke dalam laptop ini.

Asus VivoBook 14 (A416) dibanderol dengan harga mulai dari Rp4,799 juta hingga Rp10,799 juta.

Baca juga: Asus kenalkan ProArt, jajaran laptop dan desktop PC untuk profesional

Baca juga: Blokir IMEI, konsumen disarankan beli ponsel resmi di Indonesia

Baca juga: Asus umumkan jajaran laptop gaming ROG terbaru

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2020