Jakarta (ANTARA) - Pelaksana tugas (Plt) Menteri Sosial (Mensos) RI Muhadjir Effendy mengatakan bangsa Indonesia harus bisa mengurangi,  bahkan menghilangkan ketergantungan pada negara lain seperti pesan yang disampaikan oleh Bung Karno.

"Kita harus mandiri secara ekonomi apapun kondisinya ketergantungan pada negara lain harus kita kurangi," kata Muhadjir saat webinar dengan tema "Membedah Kesetiakawanan Sosial di Masa Pandemi COVID-19 dalam Perspektif Kaum Milenial" yang dipantau di Jakarta, Kamis.

Baca juga: HKSN penting untuk ungkap peranan kaum muda

Baca juga: Mensos: Kekuatan solidaritas sosial tentukan Indonesia hadapi COVID-19


Secara umum, ujar dia, Indonesia memiliki cita-cita dan tujuan bangsa yang berdaulat. Artinya, kokoh, independen, percaya diri, tidak bisa didikte termasuk dikangkangi negara lain.

Selain itu, Indonesia juga harus kembali kepada kepribadian kebudayaan bangsa seperti yang diamanatkan sang proklamator kemerdekaan. "Saya kira itu yang dipesankan oleh Bung karno dan sangat mendasar serta harus dipahami, dihayati oleh generasi milenial kita," katanya.

Tanpa kedaulatan politik, kemandirian ekonomi dan budaya yang kuat, lanjutnya, Indonesia akan kehilangan peluang menjadi bangsa yang maju dan berdiri tegak sejajar dengan bangsa lainnya.

Ia berharap pesan-pesan yang telah disampaikan oleh pendiri bangsa sebelumnya dapat diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Baca juga: Muhadjir Effendy raih penghargaan menteri terbaik dari Obsession Award

Menurut dia, generasi muda atau milenial Indonesia harus bisa menyiapkan diri jauh lebih baik dari generasi terdahulu. Tidak hanya bagi generasi muda, pada generasi tua, Muhadjir juga berpesan agar mewarisi cara-cara yang baik.

"Warisilah yang baik-baik demi kelanjutan bangsa Indonesia," ujar dia.

Pewarta: Muhammad Zulfikar
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2020