Sejumlah persiapan yang dilakukan adalah melakukan pengecekan visual suhu tubuh bagi karyawan maupun tamu
Jakarta (ANTARA) - PT Waskita Toll Road (WTR) melalui sejumlah Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) melakukan persiapan untuk mengantisipasi lonjakan arus kendaraan dan lalu lintas jelang libur Natal dan Tahun Baru 2020/2021.

Anak usaha PT Waskita Karya Tbk itu memprediksi puncak arus mudik Natal dan Tahun Baru akan terjadi dua kali, sehingga perusahaan telah memaksimalkan persiapan menjelang masa libur Natal dan Tahun Baru tersebut.

"Sejumlah persiapan yang dilakukan adalah melakukan pengecekan visual suhu tubuh bagi karyawan maupun tamu, menyediakan hand sanitizer sterilisasi kantor operasional secara berkala, menyediakan tempat cuci tangan tambahan, klinik, penyemprotan gardu tol dan rest area dan tata protokol yang baik terhadap karyawan sesuai dengan anjuran pemerintah seperti menggunakan masker dan cuci tangan serta menjaga jarak," kata Direktur Utama Waskita Toll Road Herwidiakto dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat.

Demikian pula fasilitas layanan operasional dan komunikasi lainnya telah tersedia guna mengantisipasi lonjakan kendaraan seperti gerbang tol yang di fungsikan lebih banyak agar tidak terjadi kemacetan panjang karena antrean pembayaran, CCTV, mobil patroli, mobil derek dan ambulance.

Begitu pula kendaraan rescue yang standby untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan lalu lintas di ruas tol dan pesan lalu lintas yang tertera di layar Variable Message Sign (VMS).

WTR juga memaksimalkan media informasi sebagai sarana sosialisasi agar para pengguna jalan tol mendapatkan informasi terbaru melalui media sosial WTR ataupun BUJT serta hotline jalan tol yang aktif selama 24 jam.

"Kami juga bekerjasama dengan pihak terkait yakni pihak Satlantas Kepolisian dan Dishub untuk menunjang kenyamanan lalu lintas dalam masa libur Nataru 2020/2021," ujarnya.

WTR memiliki 16 ruas tol yang dimiliki, di mana 12 diantaranya sudah beroperasi dan bertarif baik di ruas tol Trans Sumatera maupun Trans Jawa.

Herwidiakto berharap bertambahnya ruas tol yang telah beroperasi dapat membantu para pengendara dalam mempersingkat waktu tempuh dengan efisien.

Pihak WTR mengimbau para pengendara agar memperhatikan rambu lalu lintas agar berkendara menjadi lebih nyaman dan aman.

"Pastikan saldo uang elektornik para pengendara terisi dengan cukup agar tidak mengganggu perjalanan. Tidak lupa juga untuk selalu mematuhi protokol kesehatan yang berlaku untuk memutus mata rantai virus Covid-19," pungkasnya.

Baca juga: Waskita Karya petakan potensi proyek luar negeri hingga Rp70 triliun
Baca juga: Waskita garap dua proyek sumber daya air di Banten

Pewarta: Ade irma Junida
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2020