Akses JKN-KIS dipermudah fitur konsultasi dokter daring "mobile JKN"

id jkn-kis,bpjs kesehatan,mobile jkn,fitur

Akses JKN-KIS dipermudah fitur konsultasi dokter daring "mobile JKN"

Salah seorang karyawan swasta yang merupakan peserta JKN-KIS Isna (32). (FOTO ANTARA/HO-BPJS Kesehatan)

Jakarta (ANTARA) - Fitur layanan konsultasi kesehatan antara dokter dan pasien yang tersedia di aplikasi Mobile JKN kini semakin memudahkan peserta dalam mengakses layanan Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS).

Berdasarkan siaran pers BPJS Kesehatan yang dikutip di Jakarta, Jumat, fitur konsultasi kesehatan daring ini bertujuan untuk memudahkan peserta ketika memiliki keluhan kesehatan tanpa harus datang langsung ke fasilitas kesehatan (faskes) tempatnya terdaftar.

Salah seorang karyawan swasta yang merupakan peserta JKN-KIS Isna (32) menyatakan bahwa fitur konsultasi dokter melalui Mobile JKN sangat memudahkannya untuk bertanya perihal kesehatan.

“Saya sebelumnya sudah pernah ke faskes tempat saya terdaftar untuk konsultasi masalah gejala yang saya rasakan. Tapi, baru-baru ini saya tahu kalau sekarang cukup gunakan Mobile JKN buat konsultasi dengan dokter. Akhirnya, sekarang saya sudah cukup sering menggunakan Mobile JKN untuk konsultasi dengan dokter dan bisa dilakukan dimana saja,” katanya.

Isna menjelaskan, bahwa fitur ini adalah upaya pencegahan untuk melakukan konsultasi kesehatan tanpa bertatap muka secara langsung. Menurutnya fitur itu sangat memudahkannya karena ia tidak perlu berkunjung ke faskes tingkat pertama, tapi cukup menggunakan fitur konsultasi dokter.

“Fitur ini adalah salah satu pencegahan, di mana kita nggak perlu datang ke faskes kalau ada gejala. Cukup kirim pesan, nantinya dokter akan membalas apa yang kita keluhkan. Terus, dikasih saran juga harus seperti apa pencegahannya,” katanya.

Selama menggunakan fitur tersebut, Isna tidak memiliki kendala apapun.

Menurut dia respon dokter dalam menjawab pesan cukup cepat sehingga ia bisa merasakan manfaat dari fitur konsultasi dokter ini. Selain itu, Isna menyebut privasinya sangat terjaga karena tidak perlu nomor pribadi antara dirinya dan dokter karena sudah dilakukan melalui aplikasi yang mengintegrasikan sistem antara Mobile JKN dengan faskes.

“Fiturnya sangat oke sekali, respon dari dokternya juga cepat. Sebetulnya sama saja seperti chat biasa, tapi kan ini privasi kita terjaga dan juga tidak memerlukan nomor kontak, cukup kita terdafar sebagai peserta JKN-KIS dan berhasil log in di Mobile JKN. Soalnya nama dokternya sudah otomatis muncul di sistem,” katanya.

Isna mengajak kepada peserta JKN-KIS yang sudah mengunduh Mobile JKN di gadgetnya, agar dapat mengakses fitur konsultasi dokter. Dia berpendapat fitur itu sangat bermanfaat sekali untuk peserta JKN-KIS yang saat ini dihadapkan dengan pandemi Covid-19.

“Buat semua peserta JKN-KIS, ayo manfaatkan fitur yang sudah disediakan di Mobile JKN. khususnya konsultasi dokter ini, soalnya saya sudah merasakan manfaatnya. Apalagi di saat masa pandemi ini, kita dibatasi untuk berinteraksi," demikian Isna.

Baca juga: Mobile JKN mudahkan ibu rumah tangga akses layanan kesehatan

Baca juga: Faskes berikan layanan online melalui Aplikasi Mobile JKN

Baca juga: Mobile JKN bisa digunakan telemedicine dan antrean daring

Pewarta : Aditya Ramadhan
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar