Tim penyelidik COVID-19 WHO akan bertolak ke China awal Januari

id Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) ,Tim penyelidik COVID,Wuhan China

Tim penyelidik COVID-19 WHO akan bertolak ke China awal Januari

Logo Organisasi Kesehatan Dunia, World Health Organization (WHO). ANTARA/Shutterstock/pri.

Zurich (ANTARA) - Pejabat Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada Jumat (18/12) mengumumkan bahwa tim internasional yang dipimpin oleh badan PBB tersebut akan bertolak ke China pada pekan pertama Januari guna menginvestigasi asal mula pandemi virus corona.

Pakar kedaruratan WHO, Mike Ryan, mengatakan para pakar internasional akan mendatangi Kota Wuhan di China tengah, tempat kasus COVID-19 pertama terdeteksi pada Desember lalu.

"Kami masih belum mendapat tanggal keberangkatan sebab masih mengurus logistik seputar visa dan penerbangan. Kami berharap tim akan pergi ke sana (China) pada pekan awal Januari. Akan ada pengaturan karantina," kata Ryan saat konferensi pers.

Baca juga: Pemimpin Australia, AS diskusikan investigasi pandemi virus corona

"Tim akan mengunjungi Wuhan, itulah tujuan misinya. Poin misi ini adalah mendatangi titik asal di mana kasus manusia ditemukan. Mereka berharap penuh dapat melakukan itu," tambahnya.

Pejabat WHO juga mengatakan bahwa tiga perempat kasus terjadi di Amerika. Pihaknya juga menyampaikan terima kasih kepada Kanada atas komitmennya untuk mendonasikan dosis vaksin ke negara lain.

Kepala teknisi COVID-19 WHO, Maria Van Kerkhove, mengatakan badan tersebut telah berkoordinasi dengan ilmuwan Afrika Selatan yang mengidentifikasi adanya varian baru virus SARS-CoV2.

Sumber: Reuters

Baca juga: Akhirnya polisi Wuhan minta maaf kepada ahli waris pengungkap COVID-19
Baca juga: China investigasi kematian dokter pengungkap wabah corona

Pewarta : Asri Mayang Sari
Editor: Mulyo Sunyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar