Jakarta (ANTARA) - Perusahaan teknologi e-dagang Tokopedia membagikan sejumlah kiat bagi pelaku UMKM agar dapat bertahan di kala pandemi demi mendorong pemulihan ekonomi nasional.

“Sebagai perusahaan teknologi buatan Indonesia, Tokopedia pun berusaha memfasilitasi masyarakat dengan sederet inovasi digital yang bisa dipakai untuk membantu UMKM bertahan, khususnya di tengah pandemi,” ungkap External Communications Senior Lead Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya, melalui keterangannya, Minggu.

Berikut 5 fitur yang bisa dipakai untuk membantu bisnis lokal bertahan terutama di tengah pandemi.

Baca juga: Dampak pandemi, pengiriman paket belanja online molor jadi 3 hari

Baca juga: Tokopedia perluas fitur untuk perangkat Android


Fitur Bangga Buatan Indonesia
Melalui fitur di halaman depan aplikasi Tokopedia ini, masyarakat bisa langsung menemukan produk-produk lokal dari berbagai kategori. Mulai dari fesyen, kecantikan, makanan dan minuman, rumah tangga dan masih banyak lagi.

Ulasan
Ulasan dari pembeli memegang peranan penting dalam meningkatkan kredibilitas toko dan penjualan, maka setelah berbelanja, memberikan ulasan akan sangat membantu penjual.

Following dan Feed
Selayaknya di media sosial, masyarakat bisa mengikuti toko favoritnya dengan mengeklik tombol Following di halaman depan toko. Setelah itu, unggahan terbaru toko favorit akan muncul atau bisa diikuti melalui fitur Feed di halaman depan Tokopedia.

Tokopedia Play
Melalui kanal video streaming ini, penjual di Tokopedia biasanya melakukan promosi interaktif dan menghibur. Masyarakat dapat menyaksikan sekaligus mendapat beragam penawaran menarik yang bisa membuat belanja lebih efisien.

Terdapat pula program live spesial ‘Brand Lokal Kebanggaan’ setiap Jumat pukul 09.00 WIB eksklusif di Tokopedia Play. Program ini mengupas tuntas perjalanan bisnis kreator-kreator lokal.

Selesai
Setelah pesanan sampai dan sesuai, segera klik tombol Selesai agar uang yang dibayarkan pembeli bisa diteruskan kepada penjual. Walau tampak sederhana, hal ini bisa membantu mempercepat perputaran modal para penjual.

Baca juga: Harbolnas 12.12, waktunya belanja produk lokal

Baca juga: START Summit Extension: Women in Tech dorong talenta digital wanita

Baca juga: Produk asuransi gadget Tokopedia naik 70 kali lipat

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2020