Jakarta (ANTARA) - Sejumlah informasi penting menghiasi berita ekonomi pada Minggu (20/12/2020) kemarin, mulai dari soal petani rotan hingga ekspor perdana dari Pelabuhan Patimban, Subang, Jawa Barat. Berikut lima berita yang masih layak disimak.

1. Kadin minta pemerintah perhatikan kelangsungan "hidup" petani rotan

Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kalimantan Barat meminta pemerintah untuk memperhatikan kelangsungan "hidup" para petani dan pelaku usaha rotan yang semakin terjepit karena terdampak larangan ekspor rotan dalam bentuk barang mentah atau bahan baku rotan.

Wakil Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kalimantan Barat, Rudyzar Zaidar Mochtar di Pontianak, Minggu, mengatakan dampak larangan ekspor rotan dalam bentuk bahan mentah sangat merugikan rakyat, baik petani maupun pelaku usaha.

Selengkapnya di sini

2. Ekonom: UU Ciptaker menarik minat investor asing pada ekonomi digital

Ekonom Universitas Wijaya Kusuma (UWK) Surabaya, Profesor Ruswiati Suryasaputra menilai kehadiran UU no. 11 tahun 2020 tentang Cipta Kerja menjadi salah satu daya tarik yang dapat mendorong investor asing untuk menanamkan modal di Indonesia pada sektor ekonomi digital.

“UU Cipta Kerja dapat mengundang minat pelaku modal asing untuk berinvestasi dalam sektor digital. Misalnya Amazon," ujar Ruswiati dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Minggu.

Selengkapnya di sini

3. Nasabah harapkan kehadiran OJK dalam PKPU Kresna Life

Para nasabah Asuransi Jiwa Kresna (Kresna Life) mengharapkan kehadiran Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dalam sidang Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang (PKPU) perusahaan asuransi jiwa tersebut.

Pada Jumat (18/12), telah dilaksanakan sidang pertama atas PKPU terhadap Kresna Life di Pengadilan Niaga Jakarta Pusat.

Selengkapnya di sini

4. Hasil riset: Lalu lintas internet tumbuh 139 persen kuartal II-2020
Hasil riset yang dilakukan oleh perusahaan digital Akamai menunjukkan bahwa lalu lintas internet di Republik Indonesia mengalami pertumbuhan per tahun sebesar 73 persen pada kuartal I-2020 year-on-year (yoy), dan melambung ke angka 139 persen pada kuartal II-2020 yoy.

"Pandemi telah meningkatkan permintaan akan layanan konten dan internet yang tidak pernah diduga sebelumnya oleh perusahaan mana pun," kata Regional Sales Director South Asia Akamai Matthew Lynn dalam siaran pers di Jakarta, Minggu.

Selengkapnya di sini

5. Presiden Jokowi saksikan ekspor perdana dari pelabuhan Patimban

Presiden Joko Widodo menyaksikan ekspor perdana yang menandai beroperasinya Pelabuhan Internasional Patimban, Subang, Jawa Barat.

Ekspor tersebut berupa 140 unit kendaraan dari berbagai merek yaitu Toyota, Daihatsu, Suzuki yang diangkut oleh kapal MV. Suzuka Express dengan tujuan Brunei Darussalam.

Selengkapnya di sini

Pewarta: Zubi Mahrofi
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2020