Suku Anak Dalam di Musi Banyuasin-Sumsel diberikan beasiswa

id suku anak dalam,musi banyuasin,pemkab muba,sumsel

Suku Anak Dalam di Musi Banyuasin-Sumsel diberikan beasiswa

Anak Suku Anak Dalam (SAD) Batin Sembilan dari kelompok Kelompang, Mira, yang masih berstatus pelajar prasekolah di Sekolah Besamo atau sekolah khusus untuk anak SAD setempat berpose saat mengikuti proses belajar mengajar di alam terbuka, kawasan konsesi Hutan Harapan PT Restorasi Ekosistem Indonesia (REKI), Desa Bungku, Bajubang, Batanghari, Jambi, Selasa (8/5). (ANTARA FOTO/Wahdi Septiawan/aww/18.)

Palembang (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan, memberikan beasiswa kepada Suku Anak Dalam sebagai komitmen untuk memajukan pendidikan hingga ke pelosok.

Bupati Muba Dodi Reza Alex di Sekayu, Senin mengatakan bantuan beasiswa itu diberikan kepada dua orang anak berprestasi dari Suku Anak Dalam (SAD) yang berada Desa Muara Medak, Kecamatan Bayung Lencir.

Ia menjelaskan dua orang Suku Anak Dalam yang mendapatkan beasiswa prestasi yakni Fatmawati dan Aditia yang saat ini sedang menempuh pendidikan formal di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Mahdaliyah Jambi.

Sebelumnya, mereka belajar di sekolah dasar (SD) Sekolah Apung yang dikelola oleh Pertamina Hulu Energi (PHE) Jambi Merang di pedalaman hutan Desa Muara Medak, Kecamatan Bayung Lencir, Kabupaten Muba.

“Kami akan terus mendukung anak-anak berprestasi di SAD Desa Muara Medak karena Kabupaten Muba sangat peduli dalam meningkatkan mutu pendidikan,” kata Dodi Reza Alex.

Salah seorang penerima beasiswa, Fatmawati mengucapkan terima kasih atas perhatian pemerintah tersebut.

“Semoga melalui beasiswa ini, saya bisa mencapai cita-cita membuat bangga orang tua,” kata dia.

Sementara itu, Camat Bayung Lencir M Imron mengatakan pemkab terus mendorong minat belajar dari anak SAD ini, terutama untuk membaca dan menulis.

“Adanya bantuan pendidikan dari PHE Jambi-Merang dapat memberantas buta huruf dan aksara terhadap anak-anak SAD,” kata dia.

Untuk lebih mengoptimalkan program ini, Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin belum lama ini telah mendata jumlah Suku Anak Dalam yang berada di wilayah Hutan Harapan Desa Sako Suban, Kecamatan Batanghari Leko.

Pendataan bertujuan agar Suku Anak Dalam mendapatkan manfaat bantuan dari pemerintah, demikian M Imron.

Baca juga: Musi Banyuasin gandeng IPB kembangkan Sekolah Peternakan Rakyat

Baca juga: Forum Kemitraan sosialisasi pencegahan COVID-19 ke Suku Anak Dalam

Baca juga: Dodi Reza mundur


Baca juga: Konser amal peduli Palestina di Musi Banyuasin kumpulkan Rp1 miliar

Pewarta : Dolly Rosana
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar