Kalau ada indikasi mengarah COVID-19 kami komunikasikan dengan gugus tugas kota
Solo (ANTARA) - Terminal Tirtonadi Solo terpantau lengang menjelang libur Natal 2020 menyusul adanya imbauan pemerintah kepada masyarakat agar tidak melakukan mudik di tengah pandemi COVID-19.

Pantauan di Solo, Selasa, baik di lobi terminal penumpang maupun kendaraan tidak banyak lalu lalang orang. Meski demikian, petugas tetap melakukan "ramp check" atau pemeriksaan menyeluruh kepada setiap armada khususnya antarkota antarprovinsi (AKAP) yang masuk ke terminal untuk memastikan kelaikan kendaraan.

"Memang imbauan dari pemerintah bukan semata-mata melarang tetapi lebih baik tidak mudik karena kondisinya seperti ini," kata Koordinator Terminal Tipe A Tirtonadi Joko Sutriyanto.


Baca juga: Akibat PSBB Jakarta, arus bus ke Solo turun

Meski demikian, pihaknya tetap menyediakan kendaraan yang digunakan penumpang jika terindikasi bergejala COVID-19.

Ia mengatakan jika suhu tubuh penumpang tinggi maka akan langsung diantar ke puskesmas terdekat untuk memperoleh perawatan.

"Kalau ada indikasi mengarah COVID-19 ya kami komunikasikan dengan gugus tugas kota. Sejauh ini belum ada, mudah-mudahan tidak ada," katanya.

Selain itu, saat ini pihaknya juga berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Kota (DKK) Surakarta untuk membuka pelayanan "rapid test antigen" di Terminal Tirtonadi. Pada layanan tersebut, pihaknya akan mengutamakan penumpang yang naik bus AKAP terutama dari Jabodetabek.


Baca juga: Pengelola Tirtonadi perketat protokol kesehatan kepada pengguna jasa

Sementara itu, Terminal Tirtonadi mencatat untuk jumlah armada baik datang maupun yang berangkat mengalami kenaikan sejak Minggu (20/12), khususnya untuk AKAP.

Untuk kendaraan datang pada hari tersebut sebanyak 420 kendaraan dengan membawa 994 penumpang. Sedangkan di hari Senin (21/12) angka tersebut meningkat menjadi 425 kendaraan dengan 1.153 penumpang.

Untuk kendaraan berangkat, pada hari Minggu sebanyak 377 kendaraan dengan 1.299 penumpang. Angka ini mengalami kenaikan di hari Senin (21/12) menjadi sebanyak 412 kendaraan dengan 1.676 penumpang.


Baca juga: Terminal Tirtonadi antisipasi kenaikan penumpang libur akhir tahun

Baca juga: Puncak arus balik di Tirtonadi Surakarta mencapai 52.397 orang

Baca juga: Menhub anggarkan Rp50 miliar untuk Terminal Tirtonadi

Pewarta: Aris Wasita
Editor: Subagyo
Copyright © ANTARA 2020