Putra dari K.H. Muhammad Cholil Bisri, salah satu pendiri Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).
Jakarta (ANTARA) - Presiden RI Joko Widodo menunjuk Yaqut Cholil Quomas atau lebih dikenal sebagai Gus Yaqut sebagai Menteri Agama (Menag) menggantikan Fachrul Razi.

Gus Yaqut hadir di Veranda Istana Merdeka, Jakarta, Selasa sore, saat Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengumumkan enam sosok menteri baru dalam pemerintahannya.

"Bapak Yaqut Cholil Qoumas, beliau adalah pemimpin muslim, Ketua GP Ansor dan kita akan berikan tanggung jawab sebagai Menteri Agama," kata Presiden Jokowi.

Gus Yaqut sebagaimana lima sosok lain yang ditunjuk sebagai menteri mengenakan kemeja putih dan jaket biru saat pengumuman pengenalan menteri baru tersebut.

Sementara itu, Presiden Jokowi didampingi Wakil Presiden K.H. Ma’ruf Amin yang keduanya juga mengenakan kemeja putih.

Baca juga: Presiden Jokowi umumkan 6 menteri baru Kabinet Indonesia Maju

Gus Yaqut selama ini dikenal sebagai pemimpin muda muslim lahir di Rembang, 4 Januari 1975, merupakan putra dari K.H. Muhammad Cholil Bisri, salah satu pendiri Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Ia adalah saudara dari Yahya Staquf, tokoh Nahdlatul Ulama (NU).

Gus Yaqut selama ini juga banyak dikenal sebagai tokoh muda Rembang.

Ia lulus dari SDN Kutoharjo (1981—1987), Gus Yaqut lantas melanjutkan pendidikannya ke SMPN II Rembang (1987—1990), lalu meneruskan pendidikannya ke SMAN II Rembang (1990—1993) dan menempuh pendidikan sarjana di Universitas Indonesia Jurusan Sosiologi.

Baca juga: Profil - Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono

Pewarta: Hanni Sofia
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2020