Jakarta (ANTARA) - Pandemi global COVID-19 memaksa ruang gerak fisik dibatasi seminim mungkin untuk mencegah kerumunan massa dan meminimalisir penularan virus. Teknologi pun memegang peran penting untuk mengakali berbagai pembatasan dan protokol kesehatan agar bisnis bisa terus berjalan.

Hal ini membuat banyak sektor harus beradaptasi, tak terkecuali pabrikan mobil yang beroperasi di Indonesia. ANTARA merangkum sejumlah pabrikan otomotif yang memanfaatkan ruang digital sebagai ruang pamer (showroom), diler, dan layanan mereka di tengah pandemi.

Baca juga: Sedan sampai roadster, BMW klaim punya varian mobil premium terlengkap

Baca juga: Porsche 911 dinilai tidak seperti Porsche pada umumnya


BMW
Produsen mobil asal Jerman, BMW, selain memanfaatkan situs resminya di Tanah Air, juga menjalin kerja sama dengan layanan e-dagang Indonesia Tokopedia untuk melayani transaksi secara daring.
 
Kerja sama BMW dengan Tokopedia ditandai secara resmi dengan peluncuran produk baru Seri 3 Touring pada 17 April. Penjualan BMW di Tokopedia pun sempat menjadi viral di internet lantaran mobil segmen premiumnya sampai di rumah pelanggan dengan dibungkus kotak besar.

Baru-baru ini, Director of Communications BMW Group Indonesia, Jodie O’tania mengungkapkan bahwa setelah BMW membuka dealer di Tokopedia, penjualan dirasa optimistis. Dikatakan sekira dua ribuan orang sudah mampir ke diler daringnya.

Meski demikian Jodie belum bisa mengungkap detail penjualan yang sudah dilakukan diler daring. Ia hanya menuturkan jumlah penjualan BMW kini sudah mencapai dua digit angka.

Toyota
PT Toyota-Astra Motor (TAM) melalui aktivitas digitalnya selama pandemi telah merilis 13 model baru dan facelift sepanjang 2020, dan sebagian besar prosesi peluncuran dan penjualan unit dilakukan secara virtual.

Direktur Pemasaran PT TAM Anton Jimmi Suwandy mengatakan beberapa waktu lalu bahwa penjualan berbasis daring sangat membantu dalam situasi pandemi.

Ia mengatakan, TAM sudah menggelar sebanyak enam kali Virtual Expo dengan total mencapai 298.699 visitor. Dari Virtual Expo itu tercatat 3.759 pemesanan (Surat Pemesanan Kendaraan/SPK).

Porsche
Porsche Indonesia melalui Virtual Showroom Indonesia memungkinkan penyuka dan calon pelanggannya untuk dapat melihat langsung semua model yang dipasarkan di Tanah Air, hanya lewat layar perangkat digital.

Seperti showroom Porsche, bantuan selalu siap sedia dan dealer dapat memberikan informasi lebih lanjut kepada pelanggan, atau bahkan mengatur test-drive.

Saat ini, model yang ditawarkan adalah Macan, Cayenne, Panamera, 718, dan tentu saja, 911. Informasi detail ditampilkan hanya dengan satu klik. Unit bekas yang tersedia juga terdaftar dan dapat ditinjau menggunakan Porsche Finder.

Hampir semua yang ditawarkan di showroom fisik juga akan ditemui di Porsche Virtual Showroom Indonesia.

Selain melihat mobil, pengunjung Virtual Showroom Indonesia juga dapat melihat ragam item di official store Porsche Drivers Selection di Tokopedia. Ada lebih dari 300 produk bermerek Porsche asli mulai dari pakaian hingga aksesoris mode.

Baca juga: Honda Civic Type R TCR dapat sentuhan "Racing Blue"

Baca juga: Penjualan ritel Daihatsu tembus 90 ribu unit hingga November 2020


Honda
PT Honda Prospect Motor (HPM), agen pemegang merek Honda di Indonesia juga memanfaatkan teknologi digital untuk memasarkan produknya.

"Untuk penjualan, kami lakukan melalui media digital, bisa dilihat di website resmi, lalu untuk loyalis Honda bisa dilihat melihat dari IG-nya, facebooknya, pemesanan bisa dilakukan melalui digital," kata Yusak Billy, Business Innovation and Sales & Marketing Director PT HPM beberapa waktu lalu.

Pada November 2020 meraih penjualan ritel sebanyak 7.455 unit. Angka ini meningkat 13,6 persen dibandingkan penjualan Oktober sebelumnya.

DFSK
Pabrikan mobil asal China, DFSK, memilih proses penjualan kendaraan melalui saluran digital. Arviane D. Bahar, PR & Digital Manager DFSK, mengungkapkan beberapa waktu lalu, bahwa sejumlah diler DFSK tidak menerima kunjungan konsumen menyusul kebijakan PSBB.

Menurut Ane, untuk membantu penjualan mobilnya dan supaya konsumen lebih mudah menjangkau DFSK, pihaknya menghadirkan program penjualan secara online. DFSK menggandeng beberapa e-dagang untuk menjajakan jajaran mobilnya.

Wuling
Produsen mobil asal China lainnya, Wuling Motors juga mengusung sistem penjualan secara digital.

Media Relation Wuling Motors, Brian Gomgom mengatakan bahwa pihaknya mengikuti semua arahan pemerintah terkait penanganan penyebaran virus COVID-19, termasuk menghentikan operasional di wilayah yang memberlakukan PSBB.

Baca juga: Platform digital Hyundai tersedia dalam bahasa Indonesia

Baca juga: Ineos beli pabrik Mercedes-Benz siapkan pesaing Land Rover Defender


Mercedes-Benz
Mercedes Benz dalam 2020 ini telah menggelar sejumlah acara daring maupun hibrida untuk memasarkan produknya.

Pada akhir Juli, Mercedes-Benz Virtual Expo digelar dengan menghadirkan 15 model terbaru, di antaranya adalah The New GLS 450 4Matic AMG Line dan dua model edisi spesial, The new S 450 AMG Edition 50 dan New Mercedes-AMG G 63 Edition 50.

Selain itu, pada awal Desember ini, Mercedes-Benz GLE Coupé dan Mercedes-AMG GLE 53 4MATIC Coupé diluncurkan pada STAR EXPO yang dihelat secara hibrida.

Daihatsu
Daihatsu sebelumnya menggelar program bertajuk Virtual Daihatsu Festival, pada 19 Desember 2020 sebagai upayanya memudahkan pelanggan berbelanja mobil impian dengan aman dan nyaman tanpa harus datang ke outlet.

"Menjelang akhir tahun dan libur panjang, permintaan pelanggan terhadap mobil baru cenderung meningkat," kata Marketing & Customer Relations Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO) Hendrayadi Lastiyoso beberapa waktu lalu.

Hyundai
Hyundai Motor Group (Grup) telah memperkenalkan situs "Hyundai Motor Group Tech" yang diperbarui yang menyoroti teknologi utama yang mendorong visi mobilitas masa depan, dan tersedia dalam bahasa China, Inggris, Indonesia, Spanyol, dan Korea.

Situs web ini memberikan gambaran umum terperinci tentang teknologi mobilitas utama serta peta jalan Grup Hyundai untuk pengembangan dan penerapan teknologi di berbagai solusi mobilitas masa depan.

Situs tersebut mencakup teknologi yang digunakan oleh merek otomotif grup manufaktur Korea ini, yang meliputi Hyundai, Kia, dan Genesis.

Baca juga: Dua kendaraan BMW M Performance meluncur di Surabaya

Baca juga: KARMA Porsche Cayman meluncur di IMX 2020

Baca juga: Lima merek otomotif penjualan tertinggi di Indonesia
Pewarta:
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2020