Saya rasa untuk kiprah mereka berdua di bidang ekonomi tepat dan tidak diragukan, buktinya banyak perusahaan-perusahaan yang mereka tangani sukses
Jakarta (ANTARA) - Wakil Direktur Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Eko Listiyanto menilai penunjukan dua menteri ekonomi baru yakni Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno tepat untuk membantu pemulihan ekonomi nasional.

"Saya rasa untuk kiprah mereka berdua di bidang ekonomi tepat dan tidak diragukan, buktinya banyak perusahaan-perusahaan yang mereka tangani sukses," ujar Eko kepada Antara di Jakarta, Rabu.

Baca juga: Sandiaga Uno siapkan 3 gagasan pariwisata Indonesia

Menurut dia, kedua menteri ekonomi yang dikenal sebagai pengusaha nasional ini akan mumpuni dalam menggeluti bidang ekonomi yang menjadi tanggung jawabnya.

Sebagai birokrat, Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi telah memulai lebih dulu dengan menjabat sebagai Kepala BKPM periode 2005-2009, Duta Besar Indonesia untuk Jepang pada 2010-2013, Menteri Perdagangan tahun 2014 dan Duta Besar Indonesia untuk Amerika Serikat pada 2020.

"Saya rasa pengalaman itulah yang ingin dimanfaatkan untuk bisa memastikan bahwa akselerasi ekonomi pada tahun 2021 bisa terjadi," kata Eko.

Sedangkan Menparekraf Sandiaga Uno, masyarakat tentunya sangat mengenalnya sebagai sosok yang konsisten dalam mendukung sektor UMKM.

"Sebetulnya kementerian yang dipimpin oleh Sandiaga Uno sangat related dengan apa sudah beliau lakukan selama ini dalam mendukung sektor UMKM," ujarnya.

Eko juga mengatakan bahwa bergabungnya Sandiaga dalam kabinet Indonesia Maju diharapkan dapat menolong UMKM-UMKM pariwisata yang paling terdampak COVID-19.

Baik Lutfi maupun Sandiaga diharapkan bisa mengambil momentum pemulihan perekonomian Indonesia terkait pemulihan ekonomi global.

"Diperkirakan pada 2021 perekonomian global sudah keluar dari zona resesi dan saya menilai negara yang bisa mengendalikan pandemi COVID-19 merupakan negara yang bisa mengambil momentum," kata Eko.

Baca juga: Muhammad Luthfi diberitahu jadi Mendag sejak pekan lalu
Baca juga: Lima wakil menteri masuk jajaran kabinet Indonesia Maju

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2020