Sambut 2021, menginap di dekat rumah jadi pilihan

id travel,wisata,staycation

Sambut 2021, menginap di dekat rumah jadi pilihan

Ilustrasi (Pexels)

Jakarta (ANTARA) - Platform pemesanan dan manajemen hotel daring RedDoorz mencatat destinasi akomodasi yang diminati konsumen berada di dekat tempat tinggal masing-masing. Menginap di dekat rumah menjadi pilihan untuk berlibur menyambut tahun 2021.

"Misalnya orang-orang di Jabodetabek, lebih banyak memilih untuk staycation di Puncak, Bogor ataupun Bandung," kata Country Marketing Director RedDoorz Indonesia Sandy Maulana kepada ANTARA melalui surel, Rabu.

Baca juga: Pengalaman "staycation" di Bali & Lombok jelang akhir tahun

Dibandingkan bulan-bulan sebelumnya selama pandemi, ada peningkatan jumlah okupansi menjelang pergantian tahun di mana masyarakat biasanya berbondong-bondong untuk berlibur.

"Hal ini terlihat dari akumulasi pemesanan dalam periode awal Desember ini. Indikasi kami hingga akhir minggu lalu, akan ada lonjakan pemesanan akomodasi di 10 hari terakhir di Desember ini," lanjut Sandy.

Kendati demikian, dia tidak menampik liburan akhir tahun 2020 berbeda dibandingkan liburan tahun baru pada tahun-tahun sebelumnya. Pandemi COVID-19 menimbulkan pengaruh yang besar terhadap kenaikan pemesanan kamar.

"Jika dibandingkan dengan tahun lalu, kenaikan pemesanan kamar masih belum terlalu signifikan."

Serupa seperti langkah yang dilakukan platform pemesanan akomodasi lain, RedDoorz juga meluncurkan kampanye #AmannyaPASS untuk memberikan wisatawan pengalaman menginap dengan aman dan nyaman melalui penerapan protokol kesehatan yang terstandardisasi.

Para pelaku industri pariwisata menyambut 2021 dengan penuh harapan, terutama dengan kehadiran vaksin COVID-19 yang memantik optimisme pemulihan sektor pariwisata Tanah Air.

Wakil Ketua Asosiasi Perusahaan Penjual Tiket Penerbangan Indonesia (ASTINDO) Anton Sumarli meyakini keberhasilan vaksin dalam mengurangi penularan COVID-19 bisa mendorong permintaan masyarakat untuk kembali melancong.

DPP Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia (ASITA) Budijanto Ardiansjah juga berharap dengan adanya vaksin bisa menumbuhkan rasa percaya diri masyarakat secara bertahap.

Presiden Joko Widodo mengumumkan bahwa vaksin untuk masyarakat akan diberikan secara gratis.

"Setelah menerima banyak masukan masyarakat dan melakukan kalkulasi ulang, melakukan perhitungan ulang mengenai keuangan negara, dapat saya sampaikan bahwa vaksin COVID-19 untuk masyarakat adalah gratis," kata Presiden Jokowi.

Baca juga: "Staycation" dan "roadtrip" tren favorit pemburu diskon wisata

Baca juga: "Staycation" rasa jalan-jalan, elemen wisata favorit diboyong ke hotel

Baca juga: Lokasi liburan keren ala warga +62 saat pandemi COVID-19

Pewarta : Nanien Yuniar
Editor: Ida Nurcahyani
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar