BRI serahkan CSR konservasi Sungai Andalas senilai Rp500 juta

id CSR BRI,BRI Kanwil Malang,Sungai Andalas,Konservasi Sungai

BRI serahkan CSR konservasi Sungai Andalas senilai Rp500 juta

Pemimpin Wilayah BRI Kantor Wilayah Malang Prasetya Sayekti (kiri) bersama Wali Kota Malang Sutiaji menunjukkan dokumen penyerahan Corporate Social Responsibility (CSR) senilai Rp500 juta berupa pembenahan atau konservasi kawasan Sungai Andalas, kepada Pemerintah Kota Malang, di Kota Malang, Jawa Timur, Rabu (23/12/2020). ANTARA/HO-Humas Pemkot Malang/VFT.

Malang, Jawa Timur (ANTARA) - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Kantor Wilayah Malang menyerahkan Corporate Social Responsibility (CSR) senilai Rp500 juta berupa pembenahan atau konservasi kawasan Sungai Andalas, kepada Pemerintah Kota Malang.

Pemimpin Wilayah BRI Kantor Wilayah Malang Prasetya Sayekti mengatakan bahwa Daerah Aliran Sungai (DAS) merupakan area yang berfungsi sebagai resapan, penyimpanan dan penampungan air, sehingga menjadi penting untuk dilestarikan.

"Hal itu yang menjadi latar belakang BRI untuk memberikan Program CSR, berupa Konservasi Kawasan Sungai, salah satunya Sungai Andalas di Kota Malang," kata Prasetya, di Kota Malang, Jawa Timur, Rabu.

Prasetya menjelaskan, konsep yang dipergunakan untuk konservasi pada Sungai Andalas tersebut adalah, "Bersih-bersih Sungai," dan "Sampah Jadi Duit."

Konsep bersih-bersih sungai mencakup pembersihan, dan normalisasi aliran sungai, yang dilengkapi dengan taman, dan ruang terbuka hijau.

Sementara konsep sampah jadi duit, kegiatan BRI bertujuan mengurangi dampak sampah bagi lingkungan, meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat, dan meningkatkan pemberdayaan masyarakat serta mengedukasi masyarakat untuk mengolah sampah.

Untuk pengelolaan sampah agar bisa menjadi uang, BRI juga memberikan bantuan kendaraan untuk mengangkut sampah, mesin pencacah sampah, pelatihan pengolahan, dan pemanfaatan sampah, termasuk pemberian peralatan hidroponik untuk RW 01 Kelurahan Kasin, Kota Malang.

"Nilai total CSR konservasi kawasan Sungai Andalas Tengah, sebesar Rp500 juta, diserahkan kepada Pemkot Malang. Semoga CSR ini bisa menjaga kelestarian sungai, dan bermanfaat bagi warga," kata Prasetya.

Suasana kawasan Sungai Andalas, yang telah dibenahi melalui program CSR BRI Kanwil Malang, di Kota Malang, Jawa Timur, Rabu (23/12/2020). (ANTARA/HO-Humas Pemkot Malang/VFT)


Sementara itu, Wali Kota Malang Sutiaji menambahkan, pihaknya berterima kasih atas penyerahan CSR yang dilakukan BRI Kanwil Malang tersebut. Diharapkan, masyarakat sekitar bisa memanfaatkan dan menjaga kawasan itu.

"Harapannya, ini nanti dirawat, dan harus dilakukan bersama-sama, untuk melestarikan apa yang sudah dibenahi BRI," kata Sutiaji.

Sebagai catatan, pada 2020 BRI Kanwil Malang telah menyalurkan dana CSR mencapai Rp5,6 miliar, yang juga dipergunakan untuk membantu penanganan pandemi virus corona atau COVID-19.

Baca juga: BRI Kanwil Malang restrukturisasi kredit 277 ribu nasabah

Baca juga: Ratusan dhuafa mendapat bingkisan Ramadhan YBM-BRI

 


Pewarta : Vicki Febrianto
Editor: Ahmad Buchori
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar