Jakarta (ANTARA) - Di tengah pandemi dan era perkembangan teknologi, semua pihak dituntut untuk berinovasi dan meningkatkan skill dalam pekerjaan, tidak terkecuali guru yang dituntut dapat berinovasi serta memberikan pengajaran yang menarik bagi siswa.

Sebagai bentuk inisiatif terhadap perkembangan dunia pendidikan sekaligus menambah wawasan serta meningkatkan kompetensi para guru di Indonesia, Aku Pintar membentuk komunitas "Guru Pintar" sebagai wadah pengembangan bagi guru sejak Juli 2020.

Melalui komunitas tersebut, portal edukasi, Aku Pintar, menghadirkan berbagai program, diawali dengan kegiatan pelatihan online bagi Guru BK di seluruh Indonesia bekerja sama dengan Rumah Guru BK (RGBK).

Kegiatan dilanjutkan dengan Webinar Series bertajuk "Strategi Mengenali dan Memahami Karakter Siswa melalui Aplikasi Aku Pintar Guru" dan "Tantangan Guru dalam Era Revolusi Industri 4.0" yang diadakan pada September dan Oktober 2020.

"Guru perlu difasilitasi secara konsisten agar dapat mengembangkan kapasitas diri, meng-upgrade potensinya, dan meningkatkan kompetensi baik dari sisi pengetahuan maupun keterampilan," kata Lutvianto Pebri Handoko, CEO dan Co-Founder Aku Pintar dalam siaran pers, Kamis.

Aku Pintar berkomitmen untuk secara berkala membuat kegiatan webinar atau pelatihan yang dapat membantu meningkatkan kemampuan para Guru.

Baca juga: Turnitin Originality, alat pemeriksa plagiarisme karya ilmiah

Baca juga: Pengguna aplikasi belajar online melonjak 100 persen lebih saat corona

 Kelas Guru Pintar
Sebagai kelanjutan dari kegiatan Webinar Series, Aku Pintar mengadakan program Kelas Guru Pintar yang ditujukan khusus bagi Komunitas Guru Pintar.

Kegiatan tersebut berupa kelas pelatihan dan pendampingan kepada Guru yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi dan mengembangkan keahlian untuk menunjang kegiatan belajar mengajar (KBM) atau layanan bimbingan dan konseling.

Kegiatan Kelas Guru Pintar berlangsung dari 1 hingga 20 November 2020, diawali dengan kelas pelatihan, pendampingan, dan kelas evaluasi. Kelas Guru Pintar menghadirkan pelatihan menulis dan meng-edit video melalui Kelas Penulisan Kreatif dan Kelas Video Editing.

 Guna mengikuti kegiatan pelatihan tersebut, para peserta wajib mengikuti proses seleksi terlebih dahulu yang akhirnya tersaring 62 peserta dari 250 guru yang tergabung dalam Komunitas Guru Pintar.

 Pahlawan Guru Pintar
Selain program Kelas Guru Pintar, Aku Pintar juga menghadirkan Pahlawan Guru Pintar yaitu sebuah kompetisi berhadiah bagi Guru yang tergabung di Komunitas Guru Pintar.

Kompetisi ini dihadirkan untuk memberikan dukungan sekaligus apresiasi bagi Guru yang aktif dalam menggunakan dan mensosialisasikan aplikasi Aku Pintar dalam KBM. Penilaian dilakukan atas dua kategori yakni kepada Guru di daerah 3T (tertinggal-terdepan-terluar) dan Non 3T.

Sebagai penghargaan bagi semua Guru yang mengikuti program dari Aku Pintar, hadiah berupa smartphone tidak hanya diberikan kepada pemenang kompetisi Pahlawan Guru Pintar, namun juga kepada pemenang Kelas Guru Pintar untuk karya tulisan dan video terbaik.

Selain Komunitas Guru Pintar, Aku Pintar juga mengadakan program bagi Orang Tua Siswa yang sudah berjalan dari Juli 2020 yaitu sharing online melalui sosial media Aku Pintar.

Program tersebut diantaranya adalah Curhat Ortu dan Battle Pintar yang membahas mengenai masalah yang dihadapi Orang Tua dan Siswa, serta mencari solusi dari narasumber lainnya seperti psikolog atau profesional. Kemudian program yang terbaru adalah Cerita Ortu Pintar dan Cerita Guru Pintar, program ini mempertemukan Orang Tua dengan Guru untuk mencari solusi dari permasalahan belajar Anak yang dibahas dengan menarik.

Baca juga: Diknasbud Kalbar: Aplikasi Goodedu solusi belajar daring

Pewarta: Ida Nurcahyani
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2020