Pelayanan rapid test antigen yang tersedia di Stasiun Jombang ini hanya bisa dimanfaatkan oleh pelanggan KA yang sudah memiliki tiket/ kode booking KA jarak jauh.
Jombang (ANTARA) - PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daop) 7 Madiun, Jawa Timur, menyediakan fasilitas rapid test antigen dengan harga murah yakni Rp105.000 bagi calon penumpang yang hendak bepergian dengan fasilitas kereta api di Stasiun Jombang.

"Pelayanan rapid test antigen yang tersedia di Stasiun Jombang ini hanya bisa dimanfaatkan oleh pelanggan KA yang sudah memiliki tiket/ kode booking KA jarak jauh," kata Manajer Humas PT KAI Daop 7 Madiun Ixfan Hendriwintoko saat dihubungi, Kamis.

Ia mengungkapkan fasilitas rapid test antigen di Stasiun Jombang tersebut dilayani mulai pukul 07.00 – 16.00 WIB setiap hari dengan biaya Rp105.000 per orang yang khusus bagi calon penumpang kereta api jarak jauh.

Baca juga: Sekitar 1.000 penumpang kereta akses rapid antigen di Stasiun Tugu

Harga tersebut relatif jauh lebih murah. Kemenkes telah menerbitkan Surat Edaran Kemenkes Nomor HK.02.02/1/4611/2020 tentang Batasan Tarif Tertinggi Pemeriksaan Rapid Test Antigen Swab. Ditegaskan batasan tarif tertinggi untuk pemeriksaan rapid test antigen swab sebesar Rp250 ribu untuk Pulau Jawa dan sebesar Rp275 ribu untuk di luar Pulau Jawa.

Layanan rapid test antigen dengan harga terjangkau di stasiun ini merupakan kolaborasi antara PT KAI (Persero) dengan PT Rajawali Nusantara Indonesia. Setelah Stasiun Madiun dan Jombang, rencananya rapid test antigen dalam waktu dekat juga tersedia di Stasiun Kertosono, Kediri dan Blitar.

Menurut Ixfan proses rapid test antigen ini memerlukan waktu kurang lebih 30 menit. Untuk menghindari kerumunan, diimbau bagi pelanggan yang akan melakukan rapid test agar melakukannya sehari sebelum keberangkatan. Selain itu juga untuk mengantisipasi antrean yang dikhawatirkan akan membuat pelanggan tertinggal dari kereta yang seharusnya dia naiki.

"Kami harap alternatif yang ditawarkan KAI ini bisa menjadi solusi bagi pelanggan KA jarak jauh untuk memenuhi syarat naik KA dengan mudah dan murah sehingga pelanggan dapat aman dan nyaman dalam bepergian menggunakan KA. Dengan demikian tujuan untuk menjadikan kereta api sebagai moda transportasi yang sehat, selamat, aman dan nyaman sampai tujuan dapat tercapai," kata Ixfan.

Baca juga: Calon penumpang kereta api diimbau lakukan tes cepat antigen H-1

Sebelumnya, layanan rapid test antigen ini sudah tersedia di Stasiun Madiun pada Rabu (23/12) dan pada Kamis (24/12) fasilitas rapid test Antigen juga tersedia di Stasiun Jombang. Hal ini guna memudahkan pelanggan kereta api yang mulai 22 Desember 2020 sampai dengan 8 Januari 2021 diharuskan untuk menunjukkan hasil rapid test antigen negatif sebagai syarat untuk naik kereta api jarak jauh.

Aturan tersebut sebagai bentuk kepatuhan PT KAI terhadap SE Satgas Penanganan COVID-19 Nomor 3 Tahun 2020 tentang Protokol Kesehatan Perjalanan Orang Selama Libur Hari Raya Natal dan Menyambut Tahun Baru 2021 dalam masa pandemi COVID-19, serta SE Kemenhub Nomor 23 Th 2020 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang dengan Transportasi Perkeretaapian Selama Masa Natal Tahun 2020 dan Tahun Baru 2021 dalam masa pandemi COVID-19. 

Pewarta: Asmaul Chusna
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2020