ika dirata-rata, Bandar Udara Internasional Juanda melayani 22 ribu penumpang per hari. Sementara untuk rute terbanyak yang diterbangi selama Posko Nataru adalah Jakarta, Makasar, dan Bali
Sidoarjo (ANTARA) -
Sebanyak 155.893 orang penumpang tercatat bepergian melalui Bandara Internasional Juanda Surabaya di Sidoarjo, Jawa Timur, selama sepekan terakhir.
 
Pts General Manager Bandar Udara Internasional Juanda, Indah Preastuty, Jumat, mengatakan jumlah tersebut didominasi oleh penumpang kedatangan sejumlah 85.685 orang dan keberangkatan sebanyak 70.208 orang penumpang.
 
"Hingga hari ketujuh Posko Natal dan Tahun Baru (Nataru) berjalan tercatat sebanyak 155.893 penumpang bepergian melalui Bandar Udara Internasional Juanda," katanya.

Baca juga: Bandara Juanda prediksi jumlah penumpang tembus 25 ribu orang
 
Dari jumlah itu puncak penumpang pada periode libur Natal terjadi pada Hari Rabu (23/12) yakni sebanyak 25.676 penumpang.
 
"Jika dirata-rata, Bandar Udara Internasional Juanda melayani 22 ribu penumpang per hari. Sementara untuk rute terbanyak yang diterbangi selama Posko Nataru adalah Jakarta, Makasar, dan Bali," ujarnya.
 
Sebelum pandemi, kata dia, saat peak season seperti ini Bandara Juanda bisa melayani 50 sampai 52 ribu penumpang per hari.
 
Ia mengatakan berlakunya tes cepat antigen dan PCR selama libur Nataru per tanggal 22 Desember membuat bandara terlihat cukup padat karena sebagian calon penumpang belum sepenuhnya mengetahui perubahan tersebut.

Baca juga: Bandara Juanda tambah kuota layanan uji cepat antigen
 
"Sehingga pada hari tersebut sempat terjadi kepadatan di dua lokasi yakni area layanan tes cepat dan customer service airlines," katanya.
 
Namun, kata dia, kepadatan tersebut teratasi secara cepat dan aman berkat atas kerja sama yang baik seluruh pihak, termasuk Satgaspam TNI AL.
 
"Maskapai pun merespons cepat situasi saat itu dengan memberikan solusi berupa kesempatan untuk refund ataupun reschedule kepada calon penumpang," ujar Indah. Selain itu, lanjutnya pengguna jasa juga memahami perubahan syarat penerbangan tersebut.
 
Meskipun puncak pergerakan penumpang telah terlewati, pihaknya tetap siaga melayani pascalibur Tahun Baru yang puncaknya diperkirakan terjadi pada Minggu (3/1/2021) dengan prediksi 24 ribu penumpang.

Baca juga: Bandara Juanda perketat protokol kesehatan selama libur panjang
 

Pewarta: Indra Setiawan
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2020