Belitung,Babel (ANTARA) - Jumlah pasien positif virus corona baru atau COVID-19 di Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, bertambah lima orang sehingga total menjadi 265 orang.

"Kami mencatat sampai dengan hari ini ada penambahan lima orang terkonfirmasi positif COVID-19 berasal dari sejumlah wilayah kecamatan sehingga total kasusnya mencapai 265 orang," kata Ketua Satgas COVID-19 Kabupaten Belitung, Sahani Saleh di Tanjung Pandan, Senin

Menurut dia, lima orang yang terkonfirmasi positif COVID-19 tersebut masing-masing berinisial, MY (47), TY (24), AH (15), RP (23) dan FS (47).

Dengan penambahan kasus baru tersebut maka jumlah seluruh kasus positif COVID-19 di Kabupaten Belitung mencapai 265 orang dengan rincian 239 orang sembuh, sembilan orang meninggal dunia dan 17 orang masih menjalani perawatan.

Baca juga: Total 224 pasien positif COVID-19 di Belitung telah sembuh

Baca juga: Satgas COVID-19 Babel tetapkan empat kabupaten masuk zona oranye


"Sehingga kasus aktif positif COVID-19 yang tersisa saat ini sebanyak 17 orang," ujarnya.

Sebanyak 17 pasien positif COVID-19 tersebut sekarang ini masih menjalani perawatan dan karantina intensif, diantaranya tujuh orang di RSUD Belitung, dua orang di SKB Tanjung Pandan dan delapan orang menjalani isolasi mandiri di bawah pengawasan Dinas Kesehatan setempat.

Dirinya mengimbau masyarakat untuk senantiasa disiplin dalam mematuhi protokol kesehatan guna memutus mata rantai penyebaran COVID-19 seperti memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dan menghindari kerumunan.

Satgas COVID-19 Belitung juga mengimbau masyarakat tidak mengadakan acara besar-besaran dalam menyambut pergantian tahun karena dikhawatirkan terjadinya penyebaran COVID-19.

"Kami mengimbau masyarakat untuk menghindari kerumunan terutama di malam pergantian tahun," kata Sahani.*

Baca juga: Bangka Belitung berupaya cegah kerumunan selama perayaan tahun baru

Baca juga: 69 dari 302 hasil tes swab di Babel positif COVID-19

Pewarta: Kasmono
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2020