Jakarta (ANTARA) - Pelatih tim nasional Indonesia Shin Tae-yong menekankan pada penguatan daya tahan tubuh dalam pemusatan latihan (TC) timnas U-23 yang berlangsung di Jakarta sejak sepekan terakhir.

Dikutip dalam laman resmi PSSI dari Jakarta, Selasa, bek timnas U-23 Andik Randika Rama mengatakan Shin Tae-yong mafhum dengan kondisi fisik para pemainnya. Apalagi tidak ada kompetisi sejak Maret membuat Shin harus memulihkan kondisi fisik mereka.

"Pelatih Shin Tae-yong menekankan pada latihan daya tahan tubuh. Terus juga pelatih Shin menegaskan karena, kita libur di klub jadi dia memberikan program latihan pemulihan dan peningkatan stamina," kata Randika Rama.

Baca juga: Shin Tae-yong panggil 36 pemain untuk TC SEA Games 2021
Baca juga: Kiper Barito Putera bertekad kunci satu slot di timnas U-23


Menurut dia, setiap harinya menu latihan yang diberikan Shin terus meningkat. Shin menggembleng fisik bahkan harus menggelar latihan pada siang hari demi mencapai kondisi yang diharapkan.

Meski begitu, Randika Rama mulai merasakan dampak dari cara latihan Shin Tae-yong, secara perlahan kondisi fisiknya menuju ke kondisi ideal.

"Progres saya dan teman-teman selama pemusatan latihan hingga kini semakin meningkat, apalagi latihan kita di forsir kekuatannya, kemudian latihan kita siang-siang hari begini. Semoga progres ke depannya bisa lebih baik lagi," kata dia menambahkan.

Randika Rama pun menargetkan bisa mengunci satu slot di skuad timnas U-19. Ia berharap memiliki kesempatan untuk membela Merah-Putih di ajang internasional.

"Target pribadi saya adalah tentunya ingin membela tim nasional. Apalagi saya sudah sekian lama juga tidak pernah ikut kompetisi dan juga saya ingin tampil di ajang Internasional, semoga saja Tuhan memberikan yang terbaik untuk saya," katanya.

TC di Jakarta berlangsung hingga 31 Desember mendatang. Mereka akan disiapkan untuk gelaran SEA Games 2021 yang berlangsung di Vietnam pada November 2021.

Baca juga: Saddil Ramdani optimistis timnas bisa juara di SEA Games 2021
Baca juga: Bhayangkara beri pesan pada empat pemainnya agar jaga sikap di timnas

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2020