Lebih baik di rumah saja tidak perlu keluar rumah.
Jakarta (ANTARA) - Anggota Komisi Kepolisian Nasional Irjen Pol. (Purn.) Pudji Hartanto mengapresiasi pelaksanaan kegiatan rapid test antigen acak di tempat wisata Mercusuar Cikoneng, Anyer, Banten.

Menurut Pudji, hal itu merupakan upaya Polri dalam mencegah penyebaran COVID-19. Kegiatan ini juga sejalan dengan arahan Kapolri Jenderal Pol. Idham Azis.

"Ini dalam rangka Operasi Lilin 2020 yang digelar Korlantas Polri dan Polda Banten," kata Pudji Hartanto melalui siaran pers, Jakarta, Rabu.

Pada hari ini di pos pantauan untuk rapid antigen kepada para pengunjung di wisata Pantai Anyer. Tujuannya untuk mencegah penyebaran COVID-19

Pudji mengatakan bahwa rapid antigen gratis ini untuk mengetahui kondisi kesehatan para pengunjung wisata di Anyer. Jika diketahui hasil tesnya reaktif, dapat ditindaklanjuti oleh Satgas COVID-19 setempat.

Baca juga: Disparbud Jawa Barat siapkan rapid test antigen di tempat wisata

"Dari awal bila dilaksanakan rapid antigen akan diketahui reaktif atau nonreaktif. Kalau reaktif akan ditindaklanjuti oleh Pak Camat dan Satgas COVID-19," katanya.

Upaya pencegahan ini, lanjut dia, juga harus dibarengi kesadaran masyarakat untuk tidak berkerumun.

"Supaya hal ini tercapai dengan bagus, masyarakat juga harus berperan dengan tidak berkunjung ke tempat-tempat wisata. Tujuannya agar semua sehat dari COVID-19," katanya.

Pudji mengimbau masyarakat untuk tetap di rumah saja menikmati libur akhir tahun demi memutus rantai penyebaran COVID-19.

Guna mencegah, kata dia, jangan berbondong-bondong masyarakat ke wisata pada malam tahun baru karena di Anyer juga ada pembatasan waktu berkunjung agar tidak terjadi kerumunan.

"Lebih baik di rumah saja tidak perlu keluar rumah," pesannya.

Baca juga: Satpol PP Bali intensifkan pengawasan di Pelabuhan Gilimanuk

Pada hari Rabu, Korlantas Polri menggelar pengecekan secara acak rapid test antigen di tempat wisata Mercusuar Cikoneng, Anyer, Banten.

Tes rapid antigen gratis ini diadakan dalam rangka Operasi Lilin 2020.

Korlantas menggandeng Polda Banten dan Kompolnas dalam kegiatan ini. Sebanyak 500 alat rapid antigen gratis disediakan.

Kegiatan ini dihadiri oleh Dirlantas Polda Banten Kombes Pol. Rudi Purwanto dan Kabid Humas Polda Banten Kombes Pol. Edy Sumardi.

Pewarta: Anita Permata Dewi
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2020