Jakarta (ANTARA) - Malam pergantian tahun kali ini masih dibayangi pandemi virus corona sehingga masyarakat diminta untuk tidak berkumpul pada malam Tahun Baru nanti.

Agar tidak bosan dan foto atau video tetap bernuansa kemeriahan Tahun Baru, pengguna bisa memanfaatkan filter atau lensa yang ada di media sosial.

Instagram dan Facebook
Pengguna media sosial seringkali menggunakan Instagram untuk membagikan foto atau video momen-momen berharga mereka.

Baca juga: Pilihan hidangan menyehatkan malam Tahun Baru

Manfaatkan filter-filter yang ada di Instagram Stories untuk membuat unggahan bertema Tahun Baru.

Ketuk "browse effect" saat membuka Instagram Stories, tulis kata kunci "new year" untuk mencari filter yang bertema Tahun Baru.

Instagram antara lain menyediakan hitung mundur Countdown Timer mulai dari 10 menit, yang bisa dipakai untuk menandai pergantian tahun.

Instagram juga menyediakan fitur lintas platform sehingga Stories yang sama juga bisa diunggah di akun Facebook pengguna.

Snapchat
Pelopor format video temporer ini juga sudah menyiapkan banyak Lens untuk memeriahkan tahun baru.

Setelah membuka aplikasi Snapchat, ketuk ikon kamera untuk membuat Snap. Ketuk ikon wajah yang berada di sebelah kanan shutter untuk membuka Lens yang tersedia di Snapchat.

Untuk Tahun Baru ini, Snapchat menyediakan Lens "Best of 2020" untuk peristiwa paling berkesan selama tahun ini serta Lens "New Year Mood" dan "Countdown 2021" yang berisi hitung mundur menuju pukul 00.00 1 Januari 2021.

Selain kedua Lens itu, SnapChat juga memiliki "Happy New Year" sehingga video akan dihiasi kembang api, seolah sedang berada di perayaan Tahun Baru.

Baca juga: Ide merayakan Tahun Baru 2021di rumah tanpa gawai

Baca juga: Taiwan ajak masyarakat rayakan Tahun Baru dari rumah

Baca juga: Makanan khas tahun baru di dunia, soba hingga anggur

Pewarta: Natisha Andarningtyas
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2020