Kabag Ops Korlantas: Peningkatan arus balik Nataru belum signifikan

id Arus balik libur Nataru,korlantas

Kabag Ops Korlantas: Peningkatan arus balik Nataru belum signifikan

Kabag Ops Korlantas Polri Kombes Pol Rudy Antariksawan. ANTARA/HO-korlantas Polri/aa.

Jakarta (ANTARA) - Kabag Ops Korlantas Polri Kombes Pol Rudy Antariksawan mengatakan peningkatan arus balik libur panjang Hari Raya Natal dan Tahun Baru (Nataru) belum signifikan.

Hal tersebut dia sampaikan usai memantau arus lalu lintas kendaraan di ruas Tol Cikupa-Tanggerang, Banten, Sabtu.

"Jadi mulai hari ini mulai ada peningkatan untuk arus balik namun belum signifikan. Ini akan kita prediksi nanti malam sampai besok itu puncak arus balik khususnya kendaraan dari arah Sumatera, Merak, menuju Jakarta," ujar dia dalam keterangan tertulis di Jakarta, Sabtu.

Rudy menyebut terjadi peningkatan volume kendaraan di Gerbang Tol Cikupa 1 dan Gerbang Tol Cikupa 2, di mana terjadi antrian kendaraan sepanjang 200 meter. Kendaraan tersebut berasal dari arah Sumatera, Cilegon, Serang, Banten, dan arus wisata dari arah Anyer.

Baca juga: Kompolnas apresiasi Korlantas gelar cek rapid antigen di tempat wisata

Rudy mengatakan meski terjadi peningkatan volume kendaraan yang menuju arah Jakarta, kondisi arus lalu lintas terbilang masih dapat dikendalikan. Petugas pun telah menambahkan gerbang tol untuk menghindari penumpukan di pintu keluar tol.

Lebih lanjut, Rudy juga memantau arus lalu lintas di simpang Gadog, Puncak, Bogor, Jawa Barat. Arus lalu lintas warga yang menuju Jakarta maupun sebaliknya masih terpantau sepi.

"Untuk di simpang Gadog arus lalu lintas dari pagi hingga siang ini lancar, baik itu kendaraan dari arah Jakarta maupun arah sebaliknya,” ucap Rudy.

Dia menambahkan, rekayasa lalu lintas yang sering dilakukan pada hari libur, seperti pemberlakuan sistem "one way" ke arah Puncak ataupun ke arah Jakarta ataupun "contra flow" dari Gerbang Tol Ciawi menuju Sukabumi belum dilakukan.

"Secara umum situasi lalu lintas pada hari ini dan kemarin tanggal 1 tahun baru masih normal semuanya masih aman terkendali," kata dia.

Rudy juga mengecek arus lalu lintas di KM 62 tol Cikampek arah Jakarta. Dia menyebut arus lalin arah Jakarta dari Jawa Tengah masih lancar.

“Di KM 62 arah menuju Jakarta, dari Cikampek Utama maupun arah Kalihurip Utama, Bandung, Jawa Tengah menuju arah Jakarta untuk arus balik kita lihat kecepatan kendaraan masih cukup kencang antara 80-90 Km/jam, sehingga dalam hal ini pada sore hari ini untuk arus balik dari Jawa tengah menuju Jakarta masih lancar normal," kata dia.

Rudy memprediksi puncak arus balik libur akhir tahun baru 2021 ini akan terjadi pada malam hari ini dan esok hari. Oleh karena itu, dia memastikan jajaran siap untuk melakukan rekayasa lalu lintas bila terjadi lonjakan volume kendaraan menuju Jakarta.

Baca juga: Korlantas gelar rapid test antigen acak pada pengunjung Taman Safari
Baca juga: Cegah COVID-19, Korlantas siapkan 500 alat rapid antigen di rest area
Baca juga: Cegah COVID-19, Korlantas awasi ketat pembatasan kapasitas rest area

Pewarta : Fathur Rochman
Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar