Jakarta (ANTARA) - Manajemen Persib Bandung menunda rencana mengumpulkan pemain untuk menggelar latihan bersama seiring dengan belum ada kepastian soal kompetisi Liga 1 Indonesia dari PSSI dan PT Liga Indonesia Baru.

Dikutip dalam laman resmi klub dari Jakarta, Senin, awalnya para pemain akan kembali dikumpulkan pada hari ini untuk memulai latihan bersama. Akan tetapi, PSSI dan PT LIB belum memutuskan apa-apa dan membuat manajemen memperpanjang latihan mandiri.

"Kami akan memanggil kembali semua pemain untuk latihan terpusat di Bandung setelah menerima surat resmi dari PSSI bahwa liga akan dimulai kembali," ujar pelatih Persib Robert Rene Alberts.

Baca juga: Persib Bandung desak PSSI segera beri kepastian kompetisi
Baca juga: Pelatih Persib usul kompetisi Liga 1 2020 sebaiknya dihentikan


Supardi dan kawan-kawan akan melanjutkan program latihan mandiri yang diberikan tim pelatih dan tim sport science. Program ini sudah berjalan sejak awal November tahun lalu.

Jajaran tim pelatih juga dijadwalkan akan menggelar pertemuan khusus pada Selasa untuk membahas program tim ke depan, termasuk antisipasi jika kompetisi benar-benar dihentikan.

"Soal apa yang akan diberikan kepada para pemain akan kami umumkan besok," kata dia.

Sementara itu, kabar terbaru bahwa PSSI berencana menggelar rapat komite eksekutif (Exco) pada pertengahan Januari ini untuk menentukan nasib kelanjutan Liga 1 dan Liga 2 musim 2020 yang telah tertunda sejak Maret tahun lalu.

Baca juga: PSSI gelar rapat Exco tentukan nasib Liga 1 dan Liga 2 musim 2020

PSSI beserta operator liga PT Liga Indonesia Baru (LIB) telah memutusan untuk melanjutkan liga pada Februari 2021. Namun kepastian terkait kelanjutan kompetisi masih tak jelas karena belum mengantungi izin dari pihak kepolisian.

Pada pertemuan nanti, PSSI pun akan mulai mendiskusikan berbagai kemungkinan, termasuk membatalkan kompetisi seandainya izin itu tak kunjung juga dikeluarkan. Jika harus berhenti, artinya kompetisi akan dilanjutkan untuk musim 2021.

“Situasi terkini COVID-19 akan menjadi faktor penentu apakah liga bisa dijalankan atau tidak. Cabang olahraga lain pun demikian. Untuk menyelenggarakan kejurnas juga sulit,” kata Plt Sekjen PSSI Yunus Nusi.

Baca juga: Nick Kuipers anggap Persib Bandung seperti Ajax-nya Indonesia
Baca juga: Supardi ingin tutup karier dengan gelar juara

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2021