Kodam I/BB tes cepat COVID-19 seluruh prajurit-PNS di 4 provinsi

id berita sumut,kodam I/bb gelar rapid test, berita medan terkini

Kodam I/BB tes cepat COVID-19 seluruh prajurit-PNS di 4 provinsi

Kodam I Bukit Barisan menggelar rapid test COVID-19 kepada seluruh prajurit dan PNS jajaran yang berada di empat provinsi yakni Sumut  Riau Sumbar dan Kepri. ANTARA/HO.

Medan (ANTARA) - Kodam I Bukit Barisan melakukan tes cepat COVID-19 kepada seluruh prajurit dan PNS yang berada di empat provinsi yakni Sumut, Riau, Sumbar dan Kepri.

"Pelaksaanan 'rapid test' kepada seluruh personel dilakukan selama tiga hari berturut-turut mulai hari ini sampai Rabu, 6 Januari 2021," ucap Pangdam I/BB Mayjen TNI Hassanudin di Medan, Senin.

Baca juga: BPK periksa kinerja penanganan pandemi COVID-19 di Kodam I/BB

Pangdam menjelaskan tes cepat COVID-19 ini untuk mengantisipasi, mencegah dan memutus mata rantai penyebaran Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) di lingkungan prajurit, PNS Kodam I/BB dan keluarganya pascalibur Natal 2020 dan Tahun Baru 2021.

Sementara itu, Kapendam I/BB Kolonel Inf Zeni Djunaidhi menambahkan kegiatan tes cepat ini juga bertujuan untuk mencegah dan meminimalkan penyebaran COVID-19, sehingga para prajurit dan PNS jajaran Kodam I/BB tidak tertular COVID-19.

Baca juga: Pangdam ajak mubaligh Sumut sinergi dengan Kodam I/BB

Ia menyebutkan untuk wilayah Makodam I/BB dan Kota Medan sekitarnya, pelaksanaan tes cepat di dua lokasi, yakni Poliklinik Kodam I/BB (Polmakodam I/BB) dan Rumah Sakit Putri Hijau Medan.

"Sedangkan jajaran satuan wilayah (Satwah), dilaksanakan di Denkesyah masing-masing, dengan menargetkan seluruh satuan jajaran baik prajurit dan PNS dapat menjalani pemeriksaan kesehatan," ujarnya.

Baca juga: Kodam I/BB menerima bantuan COVID-19 dari Konjen RRT

Zeni mengatakan pelaksanaan tes cepat di seluruh jajaran Kodam I/BB sesuai Surat Telegram Pangdam No.ST/837/2020 tentang Pedoman Menghadapi Penyebaran COVID-19 kepada Seluruh Satuan Jajaran Kodam I/BB.Dengan adanya langkah pemeriksaan lebih dini, memastikan prajurit dan PNS jajaran Kodam I/BB diharapkan jauh dari pandemi COVID-19.

"Jika Prajurit maupun PNS yang menjalani tes cepat ini ada yang reaktif maka akan dilanjutkan dengan tes usap, jika positif  maka akan diberi perawatan secara khusus," katanya.

Baca juga: Kodam I/BB gelar operasi pendisiplinan prokes buat warga Medan

 

Pewarta : Munawar Mandailing
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar