Jakarta (ANTARA) - Sejumlah berita Senin (4/1) kemarin yang menarik untuk disimak, mulai dari pembelajaran semester genap hingga bantuan tunai yang langsung diberikan pada rekening penerima dan tidak ada potongan. Berikut berita-berita tersebut :


1. Kemendikbud: Pembelajaran semester genap mengacu SKB Empat Menteri

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menegaskan kembali bahwa penyelenggaraan pembelajaran semester genap yang dimulai pada Januari 2021 tetap mengacu kepada Surat Keputusan Bersama (SKB) Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Agama, Menteri Kesehatan dan Menteri Dalam Negeri tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran pada Semester Genap Tahun Ajaran dan Tahun Akademik 2020/2021 di Masa Pandemi COVID-19.

 

Pelaksana tugas (Plt) Sekretaris Jenderal Kemendikbud Ainun Na’im, dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Senin menegaskan pemberian izin pelaksanaan pembelajaran tatap muka (PTM) di satuan pendidikan dilakukan oleh pemerintah daerah, kantor wilayah Kementerian Agama provinsi, dan/atau kantor Kementerian Agama kabupaten/kota sesuai kewenangannya

 

2. Seleksi masuk perguruan tinggi negeri dilakukan secara terintegrasi

 

Seleksi masuk perguruan tinggi negeri tahun 2021 dilakukan secara terintegrasi dengan mengacu pada protokol kesehatan untuk mencegah penularan COVID-19.

 

Ketua Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) Prof Mohammad Nasih mengatakan bahwa seleksi masuk perguruan tinggi negeri tahun 2021 mencakup perguruan tinggi akademik, perguruan tinggi vokasi, dan perguruan tinggi keagamaan Islam negeri.

 

3. Presiden sebut bantuan tunai 2021 akan diberikan beberapa tahap

 

Jakarta (ANTARA) - Presiden Joko Widodo menyebut program bantuan tunai pada 2021 akan diberikan kepada masyarakat dalam beberapa tahapan, sehingga diharapkan mampu menjadi pemicu untuk menggerakkan ekonomi nasional.

 

“Yang PKH dalam empat tahap melalui bank himbara, bank-bank milik negara, program sembako akan disalurkan dari Januari sampai Desember 2021, nilainya sudah disampaikan oleh Bu Mensos Rp200 ribu per-KK per bulan kemudian bantuan sosial tunai diberikan selama empat bulan, Januari, Februari, Maret, April, dan nilainya Rp300 ribu per bulan per KK, ini sudah jelas semuanya,” kata Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam acara Peluncuran Bantuan Tunai Se-Indonesia di Istana Negara Jakarta, Senin.

 

4. Presiden: Bantuan tunai harus disalurkan utuh, tidak ada potongan

 

Presiden RI Joko Widodo mengingatkan jajaran kementerian dan kepala daerah untuk memastikan agar seluruh bantuan tunai diterima masyarakat secara utuh dan tidak dikenai potongan sedikit pun.

 

“Saya perintahkan kepada para menteri dan gubernur agar mengawal pengiriman ini agar cepat, tepat sasaran dan diawasi, tidak ada potongan apa pun,” kata Presiden Jokowi dalam Peluncuran Bantuan Tunai seluruh Indonesia Tahun 2021 dari Istana Negara, Jakarta, Senin.

 

5. Meski vaksin sudah didistribusikan, BPOM sebut belum boleh disuntikkan

Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan Penny K Lukito mengatakan meski Vaksin Sinovac sudah didistribusikan ke berbagai daerah di Indonesia, tetapi belum boleh disuntikkan karena belum mendapat izin penggunaan darurat atau EUA.

 

"EUA masih berproses, tapi vaksin sudah diberikan izin khusus untuk didistribusikan karena membutuhkan waktu untuk sampai ke seluruh daerah target di Indonesia," kata Penny kepada wartawan di Jakarta, Senin.***3***

 

Pewarta: Indriani
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2021