Atas rekomendasi korps medis, saya memutuskan untuk mengumumkan keadaan darurat di dua wilayah pada awalnya.
Dakar (ANTARA) - Presiden Senegal Macky Sall pada  Selasa (5/1) mengumumkan keadaan darurat baru sebagai tanggapan atas catatan kasus virus corona yang melanda beberapa bagian negara Afrika Barat itu.

Mulai Rabu (6/1), jam malam akan diberlakukan di wilayah Dakar dan Thies, yang menurut Sall adalah rumah bagi lebih dari 90 persen kasus. Penggunaan masker akan menjadi wajib dan pertemuan besar dilarang.

Langkah-langkah baru itu muncul enam bulan setelah keadaan darurat pertama dicabut dalam upaya untuk meningkatkan ekonomi yang terpukul keras oleh pembatasan pergerakan selama gelombang pertama virus.

Baca juga: Demonstran di Senegal ricuh saat memprotes jam malam selama pandemi

Senegal telah melaporkan 19.964 infeksi COVID-19 dan 428 kematian terkait virus corona sejak pandemi dimulai, menurut data yang dikumpulkan oleh Reuters. Kasus baru naik 240 kasus pada 26 Desember; pada 29 Desember, tujuh kematian dilaporkan, jumlah tertinggi kedua yang pernah ada.

"Ini adalah saat yang sulit," kata Sall di televisi nasional. "Atas rekomendasi korps medis, saya memutuskan untuk mengumumkan keadaan darurat di dua wilayah pada awalnya."

Sebagian besar Afrika sub-Sahara, termasuk Senegal, telah terhindar dari wabah skala besar yang terlihat di Eropa dan Amerika Serikat. Para ilmuwan mengatakan itu sebagian disebabkan oleh populasi yang lebih muda dan cara cepat pemerintah bergerak untuk menahan virus ketika pertama kali tiba tahun lalu.

Tetapi lonjakan baru-baru ini di banyak negara di Afrika Barat telah menimbulkan kekhawatiran bahwa penyebaran dapat meningkat karena langkah-langkah penahanan mereda dan cuaca yang lebih dingin turun di wilayah di mana tingkat pengujian termasuk yang terendah di dunia.

Jam malam Senegal akan berlaku dari pukul 21.00 hingga 05.00 waktu setempat. Tidak jelas apakah perjalanan antarwilayah akan dilarang, seperti yang terjadi pada keadaan darurat tahun lalu.

Sumber : Reuters

Baca juga: 500 nelayan di Senegal terinfeksi penyakit kulit misterius
Baca juga: Gelombang kedua COVID-19 terjadi di kota suci Touba, Senegal

Penerjemah: Azis Kurmala
Editor: Mulyo Sunyoto
Copyright © ANTARA 2021