Kalau saya pilihnya naikkan harga sekitar 20 persen
Jakarta (ANTARA) - Produsen tempe di Jakarta Timur (Jaktim) melakukan adaptasi dengan memperkecil ukuran hingga menaikkan harga jual ke konsumen demi mengantisipasi pada melambungnya harga bahan baku kacang kedelai impor.

"Sekarang ini ada produsen yang menaikkan harga, tapi ada juga yang mengurangi takaran bahan, jadi ukurannya diperkecil. Kalau saya pilihnya naikkan harga sekitar 20 persen tapi bahan baku tetap seperti biasanya," kata produsen tempe di Primkopti, Setu, Kecamatan Cipayung, Nur Indah, di Jakarta, Kamis.

Indah memilih menaikkan harga agar tidak mengalami kerugian selama harga kacang kedelai mengalami kenaikan.

Indah baru memulai lagi produksi usai ikut serta dalam aksi mogok produksi pengrajin tahu tempe yang terjadi pada 1-3 Januari 2021.

Menurut pengusaha yang mempekerjakan lima orang pegawai itu aksi mogok produksi merupakan bagian dari solidaritas pedagang maupun produsen untuk mengembalikan harga bahan baku ke harga normal.

Baca juga: Harga tahu tempe di Jakarta Barat naik 10-20 persen

"Sekarang baru mulai lagi di pasaran pada jualan. Kemarin kita sepakat libur dulu, harapannya mudah-mudahan kedelainya turun. Tapi tetap saja tinggi (harganya)," kata Indah.

Dihubungi secara terpisah, Sekretaris Koperasi Produsen Tahu-Tempe DKI Jakarta Handoko mengatakan selain menaikkan harga, sejumlah produsen ada juga yang mengurangi takaran bahan baku untuk menutup kerugian akibat kenaikan harga kacang kedelai.

"Untuk tempe per pengrajin biasanya butuh kacang kedelai rata rata 50-80 kilogram per hari," katanya.

Namun untuk menyesuaikan dengan harga bahan baku saat ini, sebagian produsen mengurangi ukuran tempe.

Kepala Satuan Pelaksana Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) Jakarta Timur, Risa Maurina, mengatakan harga tempe di pasaran saat ini mengalami kenaikan beragam sesuai ukurannya.

Baca juga: Produsen tempe di Sunter mulai beroperasi setelah mogok produksi

"Temuan di pasar tradisional yang biasanya ukuran sedang Rp4.000 jadi Rp5.000 per papan. Kalau yang besar atau lebar dari Rp10.000 jadi Rp12.000 per papan. Secara umum rata-rata kenaikannya sekitar 17 persen," katanya.

Risa memastikan kelangkaan komoditas tahu dan tempe hanya terjadi pada saat pedagang maupun produsen mogok kerja. Namun saat ini sudah kembali normal.

"Kelangkaan baru kemarin saja. Itu juga sebenarnya mereka dagang, cuma pas waktu pagi saja. Pengadaannya khusus untuk pelanggan," katanya.

Risa menambahkan para produsen dan pedagang tahu tempe saat ini sedang menunggu kebijakan pemerintah untuk menurunkan harga kedelai.

"Mereka lebih banyak menunggu, kalau ada kebijakan penurunan harga kedelai, mereka akan berproduksi seperti biasa. Memang sekarang ini agak menurun produksinya," katanya.

Baca juga: Konsumen keluhkan hilangnya tahu dan tempe di Pasar Induk Kramat Jati

Adapun harga kacang kedelai impor saat ini berkisar Rp9.200 hingga Rp10.000 per kilogram. Padahal, harga kedelai sebelumnya berkisar Rp6.500 sampai Rp7.000 per kg.

Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Syailendra mengatakan, kenaikan harga kedelai ini bukan karena stok yang menipis, melainkan akibat harga kedelai di tingkat global juga mengalami kenaikan, sehingga berdampak pada harga kedelai impor ke Indonesia.

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2021