Tiba di Sofia, Dubes RI temui deputi menlu Bulgaria

id duta besar RI untuk bulgaria,iwan bogananta,bulgaria

Tiba di Sofia, Dubes RI temui deputi menlu Bulgaria

Duta Besar RI untuk Bulgaria Iwan Bogananta (kiri) bersama Deputi Menteri Luar Negeri Bulgaria Georg Georgiev (kanan) dalam pertemuan penyerahan salinan Surat Kepercayaan sebagai duta besar di Sofia, Bulgaria, Kamis (7/1/2020). (ANTARA/HO-KBRI Sofia)

Jakarta (ANTARA) - Duta Besar RI untuk Bulgaria Iwan Bogananta menemui Deputi Menteri Luar Negeri Bulgaria Georg Georgiev, Kamis (7/1), untuk menyerahkan salinan Surat Kepercayaan--tak lama setelah ketibaan duta besar di Ibu Kota Sofia pada 20 Desember 2020.

"Duta Besar RI juga dijadwalkan untuk menyerahkan Surat Kepercayaan kepada Presiden Bulgaria pada 19 Januari 2021," kata Kedutaan Besar RI di Sofia, dalam pernyataan yang diterima ANTARA di Jakarta, Jumat.

Dalam pertemuan dengan deputi menteri luar negeri tersebut, Iwan menyatakan harapannya agar kedua negara mampu meningkatkan hubungan kemitraan dalam semua bidang, terutama di 2021 yang menjadi peringatan 65 tahun hubungan diplomatik Indonesia-Bulgaria.

Bulgaria, salah satu negara anggota Uni Eropa yang berbatasan langsung dengan dengan Turki dan Yunani, dianggap penting bagi Indonesia karena "memiliki posisi geopolitis yang strategis dan akses pasar kawasan Uni Eropa, Asia, dan Balkan".

KBRI Sofia menyebut bahwa pertemuan berlangsung dalam suasana hangat, serta dilakukan dengan penerapan protokol kesehatan untuk mencegah penularan COVID-19, di bawah aturan emergency anti-pandemic measures (upaya darurat anti pandemi) yang berlaku di seluruh wilayah Bulgaria.

Iwan Bogananta, pengusaha yang pernah menjabat sebagai direktur utama perusahaan tambang Indo Wana Bara Mining Coal, dilantik oleh Presiden Joko Widodo sebagai Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh pada 26 Oktober 2020, bersama 11 orang lainnya untuk jabatan yang sama.

Baca juga: IDEA Grup Bulgaria jalin kerja sama dengan pengusaha Indonesia

Pewarta : Suwanti
Editor: Atman Ahdiat
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar