Liverpool dibuat frustrasi tim U-23 Villa walau menang 4-1 di Piala FA

id piala fa,liverpool,aston villa,sadio mane,mohamed salah,georginio wijnaldum,louie barry

Liverpool dibuat frustrasi tim U-23 Villa walau menang 4-1 di Piala FA

Penyerang Liverpool Sadio Mane (kedua kiri) menyundul bola untuk mencetak gol keduanya ke gawang Aston Villa dalam laga putaran ketiga Piala FA di Stadion Villa Park, Birmingham, Inggris, Jumat (8/1/2021) waktu setempat. ANTARA/REUTERS/POOL/Hannah McKay.

Jakarta (ANTARA) - Liverpool dibuat frustrasi oleh tim U-23 Aston Villa walau menang 4-1 dalam laga putaran ketiga Piala FA di Stadion Villa Park, Birmingham, Inggris, Jumat waktu setempat (Sabtu WIB).

Villa terpaksa menurunkan tim U-23 mereka karena temuan kasus positif COVID-19 dalam jumlah besar di skuat utama mereka, sedangkan FA tak berkenan memberikan dispensasi penundaan pertandingan karena jadwal yang sudah terlanjut padat karena pandemi.

Walhasil, lakon yang terjadi tak ubahnya jadi kebalikan dari yang terjadi dalam perempat final Piala Liga Inggris musim lalu saat Liverpool harus menurunkan tim U-23 melawan Villa karena tim utamanya tengah mengembara di Qatar menjalani pertandingan Piala Dunia Antarklub.

Liverpool sepertinya tidak akan menemui masalah berarti sebab kurang dari empat menit setelah sepak mula mereka mampu membuka keunggulan lewat sundulan Sadio Mane menyambut umpan silang Curtis Jones.

Baca juga: Tempat latihan Aston Villa ditutup karena wabah virus corona

Sejak itu, Liverpool terus menguasai bola, tetapi mereka seolah menjalani de javu tiga pertandingan sebelumnya di Liga Premier ketika mendominasi permainan tapi gagal memetik tiga poin penuh melawan West Bromwich Albion, Newcastle United dan Southampton.

Hal itu semakin diperburuk ketika penyerang muda Louie Barry memanfaatkan keteledoran Rhys Williams dan memperdaya kiper Caoimhin Kelleher dengan penyelesaian tajam ke pojok gawang demi menyamakan kedudukan 1-1 empat menit jelang turun minum.

Kebuntuan permainan memaksa Juergen Klopp menurunkan Thiago Alcantara menggantikan kapten Jordan Henderson memasuki babak kedua dengan harapan aliran bola lebih inovatif ketimbang di 45 menit pertama.

Pada menit ke-54 Mohamed Salah sempat menceploskan bola ke gawang Villa, tetapi golnya dianulir karena kombinasi offside dan pelanggaran terhadap kiper Akos Onodi.

Kebuntuan akhirnya pecah ketika Georginio Wijnaldum menyelesaikan bola sodoran Takumi Minamino untuk membawa Liverpool kembali memimpin pada menit ke-60.

Dalam kurun empat menit kemudian, Liverpool mencetak dua gol lagi lewat sundulan Mane dan sepakan memutar Salah untuk memperbesar keunggulan 4-1 atas Villa.

Baca juga: Sergio Aguero akan main sejak awal dalam laga Piala FA
Baca juga: Vardy dan Maddison kemungkinan absen saat Leicester lawan Stoke City


Sementara para pemain muda Villa mulai merasakan beban stamina, Liverpool gagal memanfaatkannya dan skor 4-1 tak berubah hingga bubaran, demikian catatan laman resmi FA.

Liverpool mempunyai waktu istirahat cukup panjang sebelum menyulap kemenangan atas tim U-23 Villa menjadi bekal kepercayaan diri jelang menjamu Manchester United di laga pekan ke-19 Liga Premier Inggris pada 17 Januari nanti.

Sebaliknya, nasib dua pertandingan lanjutan Villa di Liga Premier melawan Tottenham Hotspur pada Rabu (13/7) dan Everton tiga hari kemudian terancam karena peningkatan kasus COVID-19 di skuat tim utama mereka.

Baca juga: Pemilik Manchester City beli trofi Piala FA
Baca juga: Mourinho: pemain Spurs punya hasrat kuat untuk akhiri paceklik gelar

Pewarta : Gilang Galiartha
Editor: Dadan Ramdani
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar