Jakarta (ANTARA) - Lebih dari tiga perempat pasien COVID-19 yang dirawat di rumah sakit memiliki setidaknya satu gejala setelah enam bulan sakit, menurut sebuah penelitian dalam jurnal The Lancet.

Penelitian tersebut mengamati efek jangka panjang infeksi virus corona pada 1.733 pasien yang pertama kali didiagnosis di Wuhan, China pada Januari-Mei dan diikuti hingga Juni-September.

Dalam penelitian, para ilmuwan, termasuk dari Jin Yin-tan Hospital di China, mewawancarai pasien secara langsung menggunakan kuesioner untuk mengevaluasi gejala dan kualitas hidup yang berhubungan dengan kesehatan.

Para pasien yang sudah dipulangkan juga menjalani pemeriksaan fisik, tes laboratorium, dan tes jalan kaki enam menit untuk mengukur tingkat daya tahan mereka.

Baca juga: Dokter paru sarankan protokol ketat kunjungan penyintas kanker paru

Baca juga: Dokter RSA UGM sebut "delirium" gejala baru COVID-19


Hampir 400 pasien juga menjalani tes lebih lanjut, termasuk penilaian fungsi paru-paru mereka, dan 94 orang dites antibodi darahnya.

Hasil studi menemukan, gejala paling umum yang menetap adalah kelemahan otot (63 persen kasus) dan sulit tidur (26 persen). Peneliti mengungkapkan, kecemasan atau depresi dilaporkan juga terjadi di antara 23 persen pasien.

Studi tersebut mencatat, pasien rawat inap yang sakit parah lebih sering mengalami gangguan fungsi paru-paru dan kelainan terdeteksi dalam pencitraan dada - yang menurut para ilmuwan dapat mengindikasikan kerusakan organ enam bulan setelah timbulnya gejala.

Para ilmuwan mengatakan, karena sangat sedikit penelitian lanjutan pada pasien yang pulih sejauh ini, maka hanya sedikit pula yang bisa diketahui tentang efek kesehatan jangka panjang dari COVID-19.

"Analisis kami menunjukkan sebagian besar pasien terus hidup dengan setidaknya beberapa efek virus setelah meninggalkan rumah sakit, dan menyoroti kebutuhan perawatan pasca-keluar dari rumah sakit, terutama bagi mereka yang mengalami infeksi parah," kata Bin Cao dari National Center for Respiratory Medicine, China-Japan Friendship Hospital di China, seperti dilansir Indian Express.

Para ilmuwan juga menemukan, 76 persen pasien melaporkan setidaknya satu gejala yang sedang berlangsung selama tes lanjutan.

Selain itu, mereka dengan penyakit yang lebih parah biasanya mengalami penurunan fungsi paru-paru. Sekitar 56 persen dari mereka yang membutuhkan dukungan ventilator mengalami penurunan aliran oksigen dari paru-paru ke aliran darah.

Pasien dengan penyakit yang lebih parah mendapatkan hasil lebih buruk dalam tes berjalan selama enam menit.

Para ilmuwan mengatakan, 13 persen pasien yang fungsi ginjalnya normal saat berada di rumah sakit mengalami penurunan fungsi ginjal di masa tindak lanjut.

Namun, karena keterbatasan analisis data, para peneliti mengatakan tidak mungkin untuk menentukan apakah gejala yang dilaporkan selama masa tindak lanjut tetap ada setelah infeksi, memburuk setelah pemulihan, atau terjadi setelah keluar dari rumah sakit.

Baca juga: Sakit tenggorokan dan mengigil perlu curiga COVID-19

Baca juga: Sakit mata jadi gejala baru COVID-19

Baca juga: CDC rekomendasikan karantina COVID-19 jadi 10 hari

Penerjemah: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2021