Cirebon (ANTARA) - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, memastikan tempat penyimpanan vaksin COVID-19 sudah siap, baik di gudang farmasi maupun 60 puskesmas yang ada.

"Untuk tempat penyimpanan vaksin sudah siap semua, baik di gudang farmasi maupun puskesmas," kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Cirebon Enny Suhaeni di Cirebon, Senin.

Menurutnya, tempat penyimpanan vaksin terdapat di gedung farmasi yang berjumlah tiga unit dengan kapasitas masing-masing yaitu 2.100 vaksin.

Sedangkan untuk pendingin yang berada di 60 puskesmas masing-masing mempunyai satu berkapasitas 400 sampai 500 vaksin.

Baca juga: Tambah empat, kasus meninggal COVID-19 di Karawang jadi 230 orang

Baca juga: Satgas: Jabar terima 38 ribu dosis vaksin COVID-19 pada tahap pertama


Untuk penyimpanan vaksin tahap awal, kata Enny, yang berjumlah 8.009 masih bisa ditampung di gudang farmasi sebelum didistribusikan ke sejumlah puskesmas untuk vaksinasi kepada tenaga kesehatan.

"Insyaallah Kabupaten Cirebon siap menerima vaksin awal sebanyak 8.009 dosis untuk 8.009 tenaga kesehatan," katanya.

Enny menambahkan pada tahap awal, Kabupaten Cirebon akan menerima 8.009 dosis vaksin COVID-19 pada bulan Februari 2021 dan vaksinasi akan langsung dilakukan setelah vaksin itu datang.

"Saat ini belum dikirim, kemungkinan di bulan Februari 2021. Tapi pemberian vaksin secara serentak itu tanggal 14 Januari untuk beberapa provinsi saja," ujar Enny.*

Baca juga: Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum siap divaksin COVID-19 pertama

Baca juga: Survei: Sembilan persen warga Jabar tak bersedia divaksinasi COVID-19

Pewarta: Khaerul Izan
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2021