Jakarta (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini agar masyarakat mewaspadai hujan disertai petir yang diperkirakan terjadi di wilayah Jakarta Selatan dan Jakarta Timur pada Selasa sore.

"Waspada potensi hujan disertai kilat/petir di Jaksel dan Jaktim pada sore hari," demikian pernyataan peringatan dini yang dilansir dari laman www.bmkg.go.id.

Situasi cuaca pada siang hingga sore hari didominasi cuaca hujan dengan intensitas ringan, di antaranya di wilayah Jakarta Barat, Jakarta Pusat dan Jakarta Utara.

Sedangkan Jakarta Selatan diguyur hujan disertai petir dan Jakarta Timur diguyur hujan dengan intensitas sedang. Pada malam hari, hujan berskala ringan diprediksi mengguyur wilayah di sekitar Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu.

Baca juga: BMKG: Warga Jakarta waspadai hujan disertai petir
Baca juga: Waspadai hujan disertai petir di Jakarta Selatan


Pada dini hari, Jakarta kembali didominasi hujan berskala sedang dan ringan, kecuali Jakarta Selatan dan Jakarta Timur yang berawan.

BMKG melaporkan rata-rata suhu udara di wilayah Jakarta berkisar 23-31 derajat Celcius dengan tingkat kelembapan 80-95 persen.

BMKG juga memperkirakan cuaca di wilayah Kota Bogor dan Kota Depok, Jawa Barat, mengalami hujan disertai petir dan hujan sedang pada siang hari.

Situasi hujan di wilayah Bogor dapat mempengaruhi debit Bendung Katulampa yang melintas melalui Kali Ciliwung menuju Jakarta, sementara hujan di Depok berkontribusi pada peningkatan debit di hulu Kali Sunter.

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2021