Pasar adalah pusat perputaran ekonomi masyarakat. Banyak uang yang beredar di sana. Untuk itu, revitalisasi harus dilakukan
Jakarta (ANTARA) - Ketua DPD RI LaNyalla Mahmud Mattalitti memberikan dukungan untuk program revitalisasi dan dan pembangunan pasar rakyat karena pasal dinilai akan membantu pemulihan ekonomi masyarakat pasca pandemi COVID-19.

Menurut LaNyalla, program revitalisasi dan pembangunan pasar rakyat adalah bagian dari implementasi UU Cipta Kerja, khususnya pemulihan ekonomi.

"Pasar adalah pusat perputaran ekonomi masyarakat. Banyak uang yang beredar di sana. Untuk itu, revitalisasi harus dilakukan. Pasar harus menjadi sentral pemulihan ekonomi masyarakat pasca-pandemi nanti. Namun, faktor keamanan harus diperhatikan sehingga pasar tidak menjadi klaster baru penyebaran COVID-19," kata LaNyalla melalui keterangan di Jakarta, Selasa.

LaNyalla pun mencontohkan pasar rakyat di Mojokerto, Jawa Timur, yang kini menggunakan teknologi digital, sehingga seluruh komoditas di pasar dapat diakses melalui smartphone.

Baca juga: Terapkan kebersihan, Mendag beri sertifikat SNI tiga pasar rakyat

Namun demikian ia berharap revitalisasi pasar yang dilakukan tetap memperhatikan kearifan lokal. Sebab, pasar dengan nuansa kearifan lokal menunjukkan perhatian pemerintah kepada rakyat.

Salah satu pasar yang direvitalisasi pemerintah melalui Kementerian PUPR adalah Pasar PON Trenggalek, Jawa Timur. Revitalisasi sudah selesai dilakukan pada akhir tahun 2020.

"Pedagang harus bisa memanfaatkan pasar hasil revitalisasi ini dengan sebaik-baiknya. Karena dengan cara inilah pemulihan ekonomi bisa lebih cepat terjadi, tentu dengan memperhatikan protokol kesehatan, dan menggunakan pendekatan teknologi," katanya.

Baca juga: Kemendag: Revitalisasi pasar mampu dongkrak omzet hingga 100 persen

Di tempat terpisah Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan revitalisasi dan pembangunan pasar tradisional dilakukan agar pemulihan ekonomi pasca-pandemi COVID-19 dapat berjalan lebih cepat.

"Konsep revitalisasi pasar disesuaikan dengan keselarasan lingkungan yang mempertahankan nilai-nilai kearifan lokal. Seluruh kegiatan mulai dari tahap perencanaan hingga pembangunan melibatkan pemerintah daerah," kata Menteri Basuki.

Hingga akhir 2020 tercatat ada tujuh pasar rakyat yang telah rampung yaitu Pasar Ateh Bukittinggi Sumatera Barat, Pasar Prawirotaman Yogyakarta, Pasar Kaliwungu Kendal, dan Pasar Klewer Timur di Jawa Tengah, Pasar Benteng Pancasila Mojokerto, dan Pasar PON Kabupaten Trenggalek di Jawa Timur, serta Pasar Sukawati di Kabupaten Gianyar, Bali.

Baca juga: Dukung PEN, PUPR segera tuntaskan revitalisasi Pasar Pariaman Sumbar

 

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2021