Di akhir bulan Desember 2020 Sulawesi Utara dua kali mengekspor tepung kelapa ke Rusia
Manado (ANTARA) - Rusia merupakan pasar potensial ekspor tepung kelapa asal Provinsi Sulawesi Utara, menyusul pengiriman ke negara tersebut secara rutin dilakukan setiap bulan.

"Di akhir bulan Desember 2020 Sulawesi Utara dua kali mengekspor tepung kelapa ke Rusia," kata Kepala Bidang Perdagangan Luar Negeri Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sulawesi Utara Darwin Muksin, di Manado, Selasa.

Dia mengatakan ekspor tepung kelapa pertama pada Desember 2020 sebanyak 24 ton dan mampu menghasilkan devisa pada negara sebesar 26.400 dolar AS.

Baca juga: Sulut ekspor tepung kelapa ke Israel

Rusia tersebut masuk kategori pasar non-tradisional. Namun, lanjutnya, mampu dioptimalkan pelaku usaha di daerah ini sehingga berkembang, yang ditandai dengan permintaan pembeli dari negara tersebut terus bertambah dari tahun ke tahun.

"Pemerintah daerah akan terus mendorong optimalisasi pasar Rusia dalam upaya mendorong pertumbuhan ekspor lebih tinggi pada tahun 2021 ini," katanya.

Baca juga: Kementan lepas ekspor perdana tepung kelapa Banggai ke Jerman

Tepung kelapa merupakan komoditas unggulan Sulawesi Utara yang menempati ranking 10 besar sebagai penyumbang devisa terbesar bagi daerah ini sejak beberapa tahun terakhir ini.

Pemerintah akan terus memfasilitasi pasar baru bagi komoditas unggulan Sulawesi Utara tersebut.

Baca juga: Permintaan tinggi saat Ramadhan, Sulut ekspor tepung kelapa ke Mesir

 

Pewarta: Nancy Lynda Tigauw
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2021