Palangka Raya (ANTARA) - Pengurus Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kalimantan Tengah membentuk satuan tugas (Satgas) pelatihan provinsi (Pelatprov) untuk menghadapi Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua 2021.

"Dari hasil rapat koordinasi, dibentuk satgas dengan menunjuk ketua harian sebagai ketua satgas. Nantinya kami menunggu pak Ketua Umum KONI Kalteng untuk membuat surat keputusan (SK) dan petunjuk arahan beliau dalam berbagai kesiapan menghadapi PON Papua nantinya," kata Ketua Harian KONI Kalteng Christian Sancho di Palangka Raya, Kamis.

Sancho bersama sejumlah pengurus KONI dari berbagai bidang menggelar rapat dan membahas mengenai kesiapan pelatda yang direncanakan Februari mendatang.

Didampingi Sekretaris Umum KONI Kalteng Elbadi Fardian, dia menyampaikan kegiatan rapat koordinasi pembentukan satgas pelatprov untuk cabang olahraga yang menyiapkan ke PON Papua.

Baca juga: PB PON Papua gelar "CdM Meeting" kedua pada Februari 2021
Baca juga: Papua pastikan kesiapannya gelar PON 2021, Torang Bisa!


Satgas segera melaksanakan pelatprov mulai dari persiapan cabang olahraga, persiapan anggaran, atlet, tenaga kesehatan dan kesiapan sarana dan prasarana di wilayah Kalteng hingga nanti di Papua.

Pelatprov dimulai pada Februari 2021. Pengurus KONI setempat juga akan selalu bekerja dan berupaya melakukan pelaksanaan serta pemantauan pelatda semaksimal mungkin dengan anggaran yang ada.

"KONI Kalteng juga berharap Pemerintah Provinsi Kalteng dapat menambah anggaran PON untuk Kalteng agar prestasi olahraga di provinsi setempat gemilang saat di Papua," ujar Sancho.

Baca juga: Kalteng siapkan anggaran Rp10 miliar hadapi PON Papua

Pemprov Kalteng sendiri dalam situasi pandemi COVID-19 melakukan refocusing atau memfokuskan kembali anggaran guna penanganan lanjutan.

Pemprov menggelontorkan anggaran untuk KONI Kalteng menghadapi PON Papua sebesar Rp10 miliar. Dengan anggaran tersebut, dinilai belum cukup karena dengan kondisi pandemi seperti ini banyak yang harus dilakukan, salah satunya dana perjalanan para atlet menuju Papua yang cukup membengkak.

KONI Kalteng dan setiap pengurus cabang olahraga berusaha mencari sponsor atau bapak angkat, sehingga seluruh cabang olahraga yang akan berlaga di PON bisa mencapai targetnya.

Baca juga: 12 arena pertandingan untuk PON Papua selesai direnovasi
Baca juga: Kaleidoskop 2020: PON Papua punya cerita

Pewarta: Kasriadi/Adi Wibowo
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2021