Wali kota memiliki kemampuan dan keahlian untuk membangun kemitraan lokal yang diperlukan dan mengisi kesenjangan ini, terutama dalam menjangkau komunitas yang kurang beruntung
New York (ANTARA) - Para wali kota dari kota-kota besar Amerika Serikat (AS) telah meminta pemerintahan Biden yang akan datang untuk mengirim vaksin langsung kepada mereka tanpa melalui otoritas negara bagian, karena infeksi virus corona AS pada  Kamis (14/1) melampaui angka 23 juta.

Dalam sepucuk surat kepada Presiden terpilih Joe Biden, sekitar 36 wali kota termasuk New York, Los Angeles, Chicago dan Houston mengatakan bahwa mereka berada pada posisi terbaik untuk membantu pemerintahan baru memenuhi tujuannya untuk menginokulasi 100 juta orang Amerika dalam 100 hari pertama.

"Meskipun penting untuk bekerja dengan lembaga kesehatan masyarakat negara bagian dan lokal, penyedia layanan kesehatan, apotek, dan klinik, ada kebutuhan untuk secara cepat mengisi kesenjangan di setiap daerah," kata mereka dalam surat.

Baca juga: Otorisasi darurat AS untuk vaksin AstraZeneca diperkirakan pada April
Baca juga: AS sahkan penggunaan darurat vaksin COVID-19 Moderna


"Wali kota memiliki kemampuan dan keahlian untuk membangun kemitraan lokal yang diperlukan dan mengisi kesenjangan ini, terutama dalam menjangkau komunitas yang kurang beruntung," kata surat itu.

Biden berencana untuk mengungkap proposal stimulus pada  Kamis yang akan mencakup sumber daya untuk peluncuran vaksin virus corona.

Upaya vaksinasi massal negara itu jauh dari tujuan awal pejabat kesehatan federal, yang berharap mendapatkan 20 juta suntikan pertama dari rejimen dua dosis yang diberikan pada akhir 2020.

Hanya 11,1 juta vaksinasi telah diberikan dari lebih dari 30 juta dosis yang didistribusikan ke negara bagian pada Kamis, menurut data dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS.

Para wali kota, dengan 40 juta orang di kota mereka, mengatakan sangat sedikit dari mereka yang menerima vaksin langsung dari pemerintah federal. Mereka mengutip sejarah New York yang telah memvaksinasi 5 juta orang untuk polio dalam dua minggu.

Administrasi Makanan dan Obat-obatan AS telah mengesahkan vaksin dari Pfizer Inc dan mitranya BioNTech dan vaksin kedua dari Moderna Inc untuk penggunaan darurat. Keduanya membutuhkan dua dosis, sementara vaksin Johnson & Johnson, yang ditargetkan akan diluncurkan pada Maret, hanya membutuhkan satu suntikan.

Biden akan menjabat pada 20 Januari di saat Amerika Serikat memuncaki dunia dalam total infeksi virus corona dan kematian.

Virus itu telah menginfeksi 23.027.112 orang, atau hampir 7 persen dari populasi AS, pada Kamis sore, meningkat sekitar 1 juta orang setiap enam hari selama lima minggu terakhir, menurut hitungan Reuters. Korban tewas mencapai 385.324.

Sumber : Reuters

Baca juga: Biden berencana percepat pelepasan vaksin COVID-19 ke negara bagian
Baca juga: RS di AS diancam sanksi kalau lambat memvaksinasi pasien COVID-19

Penerjemah: Azis Kurmala
Editor: Mulyo Sunyoto
Copyright © ANTARA 2021