Sutradara "Parasite" Bong Joon Ho pimpin juri di Festival film Venesia

id Bong joon ho,Sutradara parasite,Festival film venice

Sutradara "Parasite" Bong Joon Ho pimpin juri di Festival film Venesia

Sutradara film asal Korea Selatan Bong Joon Ho (ANTARA/Reuters)

Jakarta (ANTARA) - Sutradara "Parasite" Bong Joon Ho akan memimpin juri utama di Festival film Venesia ke-78 pada September mendatang, ini sekaligus menandai untuk pertama kalinya sutradara asal Korea Selatan terpilih sebagai juri terbaik.

Joon Ho yang sebelumnya tidak memiliki hubungan baik dengan Festival Film Venice membuat sejarah ketika pada tahun 2020 "Parasite" menjadi film berbahasa asing pertama yang memenangkan Film Terbaik dalam hampir 100 tahun sejarah Academy Awards. Sebelumnya Joon Ho juga memenangkan Palme d'Or di Cannes pada 2019.

"Venice Film Festival membawa sejarah yang panjang dan beragam, dan saya merasa terhormat bisa terlibat dalam sebuah tradisi sinematik yang bagus ini," kata Joon Ho dilansir Variety, Sabtu.

"Sebagai presiden juri dan yang lebih penting sebagai seorang penggemar film abadi, saya siap untuk mengagumi dan memuji semua film hebat yang dipilih oleh festival ini," ujar Joon Ho.

Baca juga: Cate Blanchett kenakan gaun lama di Venice Film Festival 2020

Baca juga: Festival Sundance 2021 mungkin akan digelar virtual atau diundur


Direktur artistik Venice, Alberto Barbera dalam pernyataannya mencatat bahwa hal pertama dari kabar baik mengenai Festival Film Venice ke-78 adalah Bong Joon Ho dengan antusias setuju untuk memimpin jajaran juri dan menyebutnya sebagai salah satu suara paling otentik dan orisinal di bioskop seluruh dunia.

"Kami sangat berterima kasih kepadanya karena telah menjadi seorang cinephile (penggemar film) yang penuh perhatian, ingin tahu dan tidak berprasangka buruk untuk melayani festival kami," kata Barbera.

Barbera kemudian melanjutkan, "Merupakan suatu kebahagiaan dan kehormatan untuk dapat berbagi kegembiraan saat ini dengan para penggemar yang tak terhitung jumlahnya di seluruh dunia dari film-filmnya yang luar biasa."

Bong Joon Ho telah menjadi ikon sinema Korea sejak "Memories of Murder " pada tahun 2003. Dia kemudian membuat "The Host" pada tahun 2006 yang menjadi salah satu film pertama Korea Selatan yang mencapai penjualan tiket 10 juta dolar Amerika.

Joon Ho juga membuat film fiksi ilmiah "Snowpiecer" yang dibintangi Chris Evans, John Hurt, Tilda Swinton, Ed Harris, dan Octavia Spencer, ini adalah sebuah terobosan internasionalnya, lalu diikuti oleh "Okja" pada 2017.

Joon Ho juga dinobatkan sebagai salah satu dari "100 Orang Paling Berpengaruh di tahun 2020".

Festival Film Venesia pada tahun 2020 melakukan prestasi luar biasa sebagai satu-satunya festival internasional papan atas yang menyelenggarakan acara secara luring meski dengan skala yang lebih kecil dari biasanya saat pandemi.

Edisi ke-77 diadakan pada bulan September, sebelum gelombang kedua COVID-19 melanda. Film jalanan Chloé Zhao, "Nomadland" yang dibintangi oleh Frances McDormand, memenangkan Golden Lion.

Festival film Venesia edisi ke-78 dijadwalkan berlangsung pada 1-11 September 2021.

Baca juga: Festival Film Venice tetap berjalan sesuai rencana

Baca juga: Penonton ramai-ramai tinggalkan film "The Painted Bird" di Toronto

Baca juga: Sutradara "Joker" raih penghargaan tertinggi di Venice Film Festival

Pewarta : Maria Cicilia
Editor: Ida Nurcahyani
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar