Pemain Persib harap bisa kembali ke Inggris ikut program Garuda Select

id Kakang Rudianto,Persib Bandung,Timnas U-19,Garuda Select

Pemain Persib harap bisa kembali ke Inggris ikut program Garuda Select

Ilustrasi: Pesepak bola Timnas U-19 berlatih di Stadion Madya, Kompleks Gelora Bung Karno Senayan, Jakarta, Selasa (17/11/2020). Sebanyak 38 pemain Timnas Indonesia U-19 menjalani pemusatan latihan di Stadion Madya, Jakarta pada 16 hingga 23 November 2020. ANTARA FOTO/Galih Pradipta/aww.

Jakarta (ANTARA) - Pemain muda Persib Bandung Kakang Rudianto berharap bisa kembali ke Inggris untuk mengikuti program Garuda Select setelah selesai menjalani pemusatan latihan bersama tim nasional Indonesia U-19 di Spanyol.

"Kalau lockdown Inggris dibuka mungkin ada peluang bergabung (Garuda Select). Saya pribadi mempersiapkan diri," kata Kakang seperti dikutip dalam laman resmi klub dari Jakarta, Minggu.

Sebelumnya, Kakang mendapat pemanggilan dalam program Garuda Select periode kedua bersama Bagus Kahfi dkk. Setelah program tersebut selesai, Kakang kemudian masuk dalam skuad Persib senior.

Tak berselang lama saat PSSI kembali menggulirkan program Garuda Select jilid III, namanya kembali masuk. Di sisi lain, panggilan dari timnas U-19 juga datang dan ia memutuskan bergabung dengan skuad asuhan Shin Tae-yong.

Baca juga: Timnas U-19 akan jalani karantina di Indonesia
Baca juga: Shin Tae-yong besarkan hati pemain setelah Piala Asia U-19 batal


Akan tetapi program pemusatan latihan timnas U-19 di Spanyol yang sedianya akan berlangsung hingga 31 Januari 2021, berakhir lebih cepat dari karena pandemi COVID-19.

Meski begitu, Kakang mengaku memetik pengalaman berharga saat menjalani TC di negeri Matador tersebut. Ia berharap pengalamannya itu bisa membantu untuk ikut kembali di program Garuda Select yang telah dimulai beberapa bulan lalu.

"Selama di Spanyol banyak pelajaran yang bisa diambil, meskipun tak ada uji tanding, tapi ada hal lain menjadi pelajaran, contohnya disiplin waktu," kata dia.

Saat ini Garuda Select memang tengah vakum dari pertandingan uji coba karena aturan lockdown di Inggris. Namun mereka tetap menjalani latihan rutin, dengan protokol kesehatan yang ketat sampai diperbolehkan kembali melakukan uji coba.

Baru satu uji coba yang dijalani oleh Garuda Select jilid ketiga ini, yakni kontra Port Vale U-18 yang berkesudahan 1-1. Penampilan Garuda Select dipuji pelatih Des Walker. Meski dengan persiapan minim lantaran harus menjalani karantina terlebih dahulu, mereka mampu tampil optimal.

Baca juga: Garuda Select terkena imbas kebijakan lockdown Pemerintah Inggris
Baca juga: Pelatih Garuda Select puas atas penampilan perdana timnya
Baca juga: PSSI minta pemain Garuda Select III terus tingkatkan kemampuan diri

Pewarta : Asep Firmansyah
Editor: Irwan Suhirwandi
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar