Jakarta (ANTARA) - Bali United tidak sepakat dengan usulan sejumlah klub yang meminta Liga 1 musim 2021 sebaiknya digelar tanpa degradasi karena akan mengurangi kualitas kompetisi sepak bola.

Dalam rapat virtual antara PT Liga Indonesia Baru dan seluruh perwakilan klub, sejumlah poin-poin usulan mengemuka di antaranya penghentian kompetisi musim 2020 dan dengan/tanpa sistem degradasi-promosi ketika liga kembali dimulai.

Pelatih Bali United Stefano Cugurra "Teco" memandang bahwa kompetisi akan berlangsung kompetitif saat ada tim yang harus turun maupun yang naik kasta.

"Saya pikir sistem degradasi dan promosi dari tim Liga 2 harus diterapkan untuk memperoleh kompetisi yang bagus dan sehat," ujar Teco seperti dikutip dalam laman resmi klub dari Jakarta, Senin.

Baca juga: Pelatih Bali United harap vaksinasi jadi jembatan memulai liga

Usulan-usulan yang mencuat itu memang belum secara resmi disahkan. PT LIB selaku operator liga akan membawa rekomendasi dari seluruh klub itu ke PSSI untuk nantinya diputuskan dalam rapat bersama Exco.

Paling penting bagi tim asal Pulau Dewata tersebut otoritas segera memutuskan nasib kompetisi dan berharap liga bisa bergulir pada Maret. Bali United memang harus sesegera mungkin menyiapkan tim karena mereka akan berlaga di Piala AFC.

"Saya berharap Liga 1 bisa segera terlaksana. Tim sudah tidak ada pertandingan hampir satu tahun. Semoga bulan Maret mendatang kompetisi bisa terlaksana," ujar Teco.

Hingga saat ini, Fadil Sausu dan kawan-kawan masih menjalani latihan mandiri di kediamannya masing-masing. Awalnya mereka akan dikumpulkan pada awal Januari, namun seiring dengan adanya pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) Jawa-Bali membuat rencana itu urung.

Baca juga: Borneo FC desak PSSI selesaikan izin kompetisi dari kepolisian
Baca juga: Madura United tegaskan kompetisi Liga 1 musim 2020 dihentikan saja
Baca juga: Persib Bandung usul jadwal Liga 1 ikuti kalender Eropa

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2021