Jakarta (ANTARA) - Marketplace B2B (business to business) Ralali.com meluncurkan "Konekto" yang diharapkan bisa mendukung UMKM dengan menjadi penggerak roda perekonomian yang berbasis teknologi.

"Konekto" akan menjadi sarana penghubung pelaku usaha dengan komunitas, dan juga dapat membantu melakukan pembukuan tersistem dan mempermudah pengelolaan operasional bisnis UMKM.

"Kami yakin digitalisasi merupakan bagian penting untuk membantu pelaku UMKM agar dapat menyeimbangkan jumlah permintaan dengan kemampuan produksi," kata CEO Ralali.com Joseph Aditya, dalam keterangan yang diterima ANTARA, Selasa.

"Bukan hanya itu, pola konsumsi dan interaksi masyarakat juga ikut berubah akibat pandemi Covid-19 sehingga perlu adanya pengembangan UMKM," imbuhnya.

Berdasarkan data pertumbuhan ekonomi nasional, UMKM memiliki peran penting sebagai roda penggerak perekonomian di Indonesia.

Baca juga: Kembangkan ekosistem UMKM, Ralali.com hadirkan Ralali Partner

Baca juga: Terus kembangkan ekosistem UMKM, Ralali.com hadirkan Ralali Partner


Melansir data dari salah satu artikel DJKN Kementerian Keuangan Republik Indonesia, kontribusi UMKM terhadap perekonomian nasional (PDB) mencapai 61,1 persen, dan sisa sebesar 38,9 persen disumbangkan oleh pelaku usaha besar yang jumlahnya hanya sebesar 5.550 atau 0,01 persen dari jumlah pelaku usaha.

Ralali mencermati tantangan yang dihadapi UMKM untuk bangkit menghadapi perekonomian saat pandemi, dan melihat adanya potensi besar yang dimiliki UMKM.

“Konekto akan membantu UMKM untuk mempermudah bisnis, membangun reputasi UMKM, dan mengembangkan jaringan di era digital melalui pengembangan infrastruktur dan konektivitas,” tambah Joseph.

Saat ini, konsumen lebih memilih berbelanja online untuk dapat meminimalisasi kontak langsung. Tren baru ini juga diprediksi akan menjadi kebiasaan baru masyarakat di masa mendatang.

Digitalisasi UMKM diprediksi menjadi salah satu pendorong ekonomi Indonesia dan menjadi penyumbang terbesar di Asia Tenggara pada 2025.

"Konekto" diharapkan akan mendukung pelaku usaha untuk membuat profil bisnis dan usahanya.

Dengan begitu, UMKM bisa mendapatkan eksposur dan mendapatkan kemudahan untuk urusan sourcing dan logistik, proses pembayaran multi payment dari konsumen yang sudah terverifikasi, proses pembukuan yang tersistem, serta forum yang terhubung dengan pelaku UMKM lain untuk dapat saling berdiskusi.

“Ralali berharap dengan adanya Konekto dapat membantu membawa UMKM untuk ‘Go Digital’ secara masif dan terus mendukung pemulihan ekonomi nasional,” tutup Joseph.

Baca juga: Ralali.com hadirkan program akuisisi warung untuk dukung UMKM

Baca juga: Neoclinic gandeng Ralali dan Homecare24 saingi Halodoc

Baca juga: Ralali targetkan satu juta UMKM pada 2019

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2021