Saya mendorong pemerintah pusat membuat regulasi yang tepat agar potensi daerah dioptimalkan pemanfaatannya dengan tetap memperhatikan dampak yang ditimbulkan
Jakarta (ANTARA) - Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti mengapresiasi langkah Gubernur Sulawesi Tenggara Ali Mazi yang mendorong seluruh pemangku kepentingan, baik pemerintah pusat, pemerintah daerah maupun pengusaha pengembang aspal untuk memanfaatkan aspal Buton secara menyeluruh di Tanah Air.

"Saya mendorong pemerintah pusat membuat regulasi yang tepat agar potensi daerah dioptimalkan pemanfaatannya dengan tetap memperhatikan dampak yang ditimbulkan," kata LaNyalla dalam keterangan resmi di Jakarta, Rabu.

Ia mengharapkan agar aspal Buton yang memiliki potensi tinggi benar-benar dimanfaatkan dengan baik. Sebab, berdasarkan data Kemenko Kemaritiman dan Investasi, pemanfaatan aspal Buton selama 12 tahun terakhir tidak dioptimalkan secara maksimal.

"Hanya sekitar 0,06 persen saja dari cadangan deposit sehingga produksinya terus menurun. Tentu amat disayangkan, padahal potensinya begitu besar untuk dimanfaatkan," ujarnya.

LaNyalla menyampaikan, dukungan kepada Gubernur Sultra itu lantaran adanya komitmen sungguh-sungguh yang ditunjukkan dengan bersurat kepada Kementerian Perhubungan yang mengusulkan pengembangan pelabuhan sebagai pintu utama dalam mengantarpulaukan aspal Buton. Selain itu, potensi lainnya adalah berbagai tambang dan sumber daya alam lainnya.

"Kekayaan alam ini dapat menjadi pertimbangan dukungan kepada Sultra agar proyek pengaspalan jalan dengan menggunakan aspal Buton sepanjang 1.000 kilometer oleh Kementerian PUPR di tahun 2021 ini menjadikan Provinsi Sultra sebagai pilot project," katanya.

LaNyalla pun mendorong pemerintah pusat untuk mendukung usaha Gubernur Sultra untuk menjadi Kawasan Strategis Nasional karena memiliki potensi yang sangat besar.

Baca juga: Sultra dorong pengembangan Aspal Buton secara nasional

Baca juga: Kurangi impor, pemerintah minta produksi aspal Buton ditingkatkan


Sementara itu, Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) Ali Mazi meminta semua stakeholder, baik pemerintah pusat, pemerintah daerah, maupun kalangan pengusaha pengembang aspal untuk memanfaatkan aspal Buton secara menyeluruh di Tanah Air.

Pernyataan tersebut disampaikan Ali Mazi dalam suatu rapat terbatas yang diselenggarakan di rumah jabatan gubernur, dihadiri sejumlah pejabat dan Instansi terkait dengan tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Rapat ini sekaligus menjadi bahan persiapan untuk menghadiri rapat koordinasi mengenai implementasi penggunaan aspal buton pada jalan nasional/proyek nasional di berbagai daerah Indonesia yang digagas Kementerian Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Baca juga: Pemerintah siapkan standarisasi dan sertifikasi aspal Buton

Baca juga: Luhut: hemat impor, Indonesia akan mulai gunakan aspal Buton

Baca juga: Proyek jalan nasional wajib gunakan aspal buton

 

Pewarta: Zubi Mahrofi
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2021